Pengaruh motivasi dan stress kerja terhadap komitmen organisasi : Studi pada PT. JVC electronics Indonesia divisi Materilas Control

Latief, Binar Miladifiqhan (2021) Pengaruh motivasi dan stress kerja terhadap komitmen organisasi : Studi pada PT. JVC electronics Indonesia divisi Materilas Control. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Tingkat ketidakhadiran karyawan PT JVC Electronics Indonesia Divisi Materials Control menunjukkan kecenderungan yang terus meningkat pada setiap tahunnya selama 3 tahun terakhir pada 2018, 2019 dan 2020 dengan berbagai alasan. Hal ini mengindikasikan rendahnya tingkat disiplin karyawan perusahaan, yang tentunya bertolak-belakang dengan harapan perusahaan dalam meningkatkan komitmen karyawannya, yang notabene bertumpu pada komitmen organisasi para karyawan. Meningkatnya angka absensi, terutama yang bolos kerja atau tanpa keterangan, mengisyaratkan rendahnya tingkat ketaatan dan kepatuhan karyawan terhadap peraturan perusahaan, khususnya berkenaan dengan ketentuan kehadiran (hari kerja) yang niscaya sangat berpotensi membawa pengaruh buruk terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui besarnya pengaruh Motivasi terhadap Komitmen Organisasi. Untuk mengetahui besarnya Stress Kerja terhadap Komitmen Organisasi. Untuk mengetahui besarnya pengaruh Motivasi dan Stress Kerja terhadap Komitmen Organisasi secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah merode analisis deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian merupakan Teknik Slovin, dengan hasil sampelnya sebanyak 60 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan kuesioner secara online dan Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, statistik dekriptif, analisis regresi berganda, uji parsial, dan uji simultan dengan alat bantu Software SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa : pengaruh motivasi berpengaruh secara positif serta signifikan terhadap komitmen organisasi. Hal ini terlihat dari hasil uji parsial diperoleh dengan nilai thitung > ttabel (2,995 > 2,002). Stress kerja berpengaruh secara negatif serta signifikan terhadap komitmen organisasi. Hal ini terlihat dari hasil uji parsial diperoleh dengan nilai thitung > ttabel (-4,539 > 2,002). Hasil uji secara simultan yang diperoleh dengan nilai 18,235 > 3,16 berpengaruh secara positif dan signifikan karena fhitung > ftabel. Berdasarkan koefisien determinasi didapatkan nilai r square (R2) adalah 0,390. Hal ini menunjukan bahwa komitmen organisasi dipengaruhi oleh motivasi dan stress kerja sebesar 39% dan 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini berdasarkan Adjusted R Square.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi ; Stress Kerja ; Komitmen Organisasi
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Binar Miladifiqhan Latief
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:01
Last Modified: 06 Jan 2022 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47375

Actions (login required)

View Item View Item