Pengaruh jus Microgreens Kenikir (Cosmos Caudatus) terhadap lalat buah (Drosophila Melanogaster) sebagai hewan model anti-aging yang diinduksi paraquat

Ramdani, Wandi (2021) Pengaruh jus Microgreens Kenikir (Cosmos Caudatus) terhadap lalat buah (Drosophila Melanogaster) sebagai hewan model anti-aging yang diinduksi paraquat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Penuaan merupakan proses degenerasi sel yang akan dialami semua makhluk hidup. Penuaan juga merupakan suatu kondisi di mana terjadinya penurunan fungsi biologis dari usia kronologis. Proses penuaan ditandai oleh penurunan energi seluler yang menurunkan kemampuan sel untuk memperbaiki diri. Antioksidan berpotensi untuk mencegah terjadinya gejala penuaan. Sumber senyawa antioksidan alami yaitu microgreens kenikir (Cosmos caudatus). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jus microgreens kenikir terhadap kadar malondialdehid (MDA), kadar lipofuscin, tingkat kelulusan hidup, dan gerak lokomotor dari gejala penuaan pada lalat buah yang diinduksi paraquat serta untuk mengetahui kekuatan antioksidan dan kandungan klorofil, a, b, total dan karotenoid pada jus microgreens kenikir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan tiga ulangan, yaitu kontrol/tanpa perlakuan (R0), perlakuan paraquat 3,5 mM (R1), perlakuan jus microgreens kenikir 10% (R2), dan perlakuan paraquat 3,5 mL + jus microgreens kenikir 10% (R3). Hasil pengujian kelulusan hidup menghasilkan nilai tertinggi sebesar 99,00%, sedangkan mortalitas terendah pada perlakuan paraquat sebesar 60,75%. Begitupun dengan gerak lokomotor dengan nilai tertinggi sebesar 100,00%, sedangkan terendah sebesar 47,00%, penurunan kadar MDA 10,53 (±0,06) nMol/mL dan penurunan kadar lipofuscin sebesar 2,1397 (±0,02) µg/mg. Hasil dari pengujian aktivitas kekuatan antioksidan dari jus microgreens kenikir didapatkan IC50 sebesar 34,342 μg/ml yang termasuk pada kategori sangat kuat, kadar klorofil total sebesar 35,41 mg/g, serta kadar karotenoid sebesar 1,467 μmol/g. Dapat disimpulkan bahwa jus microgreens kenikir dapat digunakan sebagai salah satu agen yang efektif dalam mencegah gejala penuaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cosmos caudatus; Drosophila melanogaster; Microgreens; Paraquat; Penuaan;
Subjects: Biology
Biochemistry
Animal Husbandry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Wandi Ramdani
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:20
Last Modified: 12 Jan 2022 02:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47372

Actions (login required)

View Item View Item