Pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Gross Profit Margin (GPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Hexindo Adiperkasa Tbk periode 2010-2019

Utami, Dita Wahyu (2021) Pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Gross Profit Margin (GPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Hexindo Adiperkasa Tbk periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja dan tingkat efektivitas suatu perusahaan dapat dinilai melalui laba yang diperoleh. Semakin besar laba yang dihasilkan artinya perusahaan berada dalam kondisi yang baik serta kinerjanya yang optimal. Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan dalam mencari sebuah keuntungan yaitu Gross Profit Margin (GPM). Faktor lain yang dapat memengaruhi laba adalah Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Inventory Turnover (ITO) terhadap Gross Profit Margin (GPM) secara parsial, Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Gross Profit Margin (GPM) secara parsial, dan Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Gross Profit Margin (GPM) secara simultan. Secara teori, Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh positif terhadap Gross Profit Margin (GPM) yang merupakan profitabilitas. Artinya semakin tinggi Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) maka Gross Profit Margin (GPM) akan tinggi. Sebaliknya, semakin rendah tingkat Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) maka Gross Profit Margin (GPM) akan rendah pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripif dan verikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Inventory Turnover (ITO) berpengaruh positif dan tidak sigifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM) yang ditunjukan oleh uji t yaitu thitung≤ttabel (1,036<2,30600) dengan koefisien determinasi sebesar 0,118 atau 11,8%. Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Gross Profit Margin (GPM) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan yang ditunjukan oleh uji t yaitu thitung≤ ttabel (2,138<2,30600) dengan koefisien determinasi sebesar 0,364 atau 36,4%. Kemudian secara simultan Inventory Turnover (ITO) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM) yang ditunjukan oleh hasil uji f yaitu Fhitung ≤Ftabel (2,017<4,74) dengan koefisien determinasi sebesar 0,366 atau 36,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover (ITO); Debt to Equity Ratio (DER); Gross Profit Margin (GPM)
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dita Wahyu Utami
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:43
Last Modified: 10 Jan 2022 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47363

Actions (login required)

View Item View Item