Strategi pembentukan perilaku sosial di Rumah Singgah Bandung : Studi deskriptif Rumah Singgah Harley Davidson Club Indonesia Robbani Kelurahan Sukapada Keacamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung

Maulandini, Suci (2021) Strategi pembentukan perilaku sosial di Rumah Singgah Bandung : Studi deskriptif Rumah Singgah Harley Davidson Club Indonesia Robbani Kelurahan Sukapada Keacamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Membentuk perilaku sosial adalah hal yang sangat penting untuk dikenalkan, dikembangkan sehingga terbentuk dari sejak kecil, keluarga merupakan agen sosialisasi pertama , tetapi masih ada anak yang belum mendapatkan edukasi mengenai perilaku sosial karena latar belakang, contoh; keluarga yang tidak lengkap, ekonomi , dan anak jalanan, muncul lah rumah singgah sebagai inisiatif masyarakat agar bisa membantu membentuk perilaku sosial. Penelitian ini mengkaji strategi pembentukan perilaku sosial di rumah singgah Harley Davidson Club Indonesia Robbani. ditujukan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan rumah singgah, apa saja faktor penghambat pengajar dalam membentuk perilaku sosial, dan bagaimana capaian penerapan strategi pembentukan perilaku sosial di Rumah Singgah Harley Davidson Club Indonesia Rabbani Dengan melihat dari teori kontruksi sosial, mengenai pendapat berger yaitu masyarakat memiliki pelembagaan di dalamnya. Proses pelembagaan ini diawali oleh eksternalisasi yang dilakukan secara berulang-ulang, membentuk suatu pola yang dapat dipahami bersama sehingga menghasilkan pembiasaan. Dari pelembagaan yang di bentuk masyarakat melalui terbentuknya rumah singgah ini dilakukan adanya internalisasi dengan interaksi yang dilakukan di dalamnya membuat suatu pola tindakan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan dan dari kebiasaan ini lah terbentuk perilaku sosial. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode wawancara mendalam, observasi dan kajian pustaka. Untuk analisis data penulis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu berupa pemaparan data mengenai data-data terkait dan menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang diterapkan dalam proses kegiatan yaitu, membuat sistem pembelajaran, memperkenalkan perilaku yang baik, tidak memaksa, memberikan arahan kepada keluarga dan memberlakukan peraturan (2) faktor penghambat yang dialami pengajar dalam proses kegiatan yaitu, sifat peserta didik yang beragam, kurangnya kehadiran dan kurangnya pengajar (3) capaian terhadap strategi yang digunakan yaitu, memiliki rasa disiplin, memiliki kepedulian terhadap sesama dan membentuk kedekatan peserta didik dengan keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi pembentukan; perilaku sosial; rumah singgah
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Suci Maulandini
Date Deposited: 03 Jan 2022 00:33
Last Modified: 03 Jan 2022 00:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47325

Actions (login required)

View Item View Item