Strategi pemberitaan di radio Reks 103,7 FM Garut : Studi deskriptif mengenai program Informasi Seputar Garut di Radio Reks 103,7 FM Garut

Novyantini, Isma Lukita (2021) Strategi pemberitaan di radio Reks 103,7 FM Garut : Studi deskriptif mengenai program Informasi Seputar Garut di Radio Reks 103,7 FM Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informasi saat ini kualitas siaran radio menentukan dari minat pendengar. Radio sangat identik dengan musik, namun pendengar juga butuh berita atau informasi. Hal tersebut merupakan sebuah tindakan perusahaan dalam mencapai stratregi radio itu sendiri. Dengan adanya perubahan sosial dan siklus perubahan zaman membuat Radio Reks 103,7 FM Garut melakukan berbagai cara dalam menyajikan sebuah berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemberitaan Radio Reks 103,7 FM Garut dalam menyajikan Program Informasi Seputar Garut agar tetap bertahan dengan melawan media-media baru yang akan mendatang. Secara lebih rinci penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan pada Radio Reks 103,7 FM Garut dalam menyajikan Program berita Informasi Seputar Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan acuan teori hierarki pengaruh isi pesan media yang dikemukakan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Subjek penelitian disini adalah Program Manager dan News Director di Radio Reks 103,7 FM Garut. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan mengindikasikan bahwa, strategi yang dilakukan oleh Radio Reks 103,7 FM Garut dalam menyajikan sebuah berita dimulai dari perencanaan peliputan yang meliputi penentuan isu dan topik yang didapatkan dari hal-hal yang sedang trending. Pelaksanaan peliputan dilakukan memilih sumber berita dengan melakukan observasi langsung dan wawancara narasumber, selain itu sumber yang diperoleh dari laman media resmi pemerintahan Kabupaten Garut. Kemudian dalam melaksanakan evaluasi yang cukup dengan evaluasi diri sendiri dan evaluasi pada saat rapat redaksi yang dilakukan pada satu bulan sekali atau triwulan sekali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemberitaan; Radio
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Isma Lukita Novyantini
Date Deposited: 03 Jan 2022 01:16
Last Modified: 03 Jan 2022 01:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47318

Actions (login required)

View Item View Item