Pengaruh campuran pupuk ampas tahu dengan MOL limbah sayuran terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis (Zea mays Saccharata) varietas Talenta

Fitriani, Azlina (2021) Pengaruh campuran pupuk ampas tahu dengan MOL limbah sayuran terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis (Zea mays Saccharata) varietas Talenta. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Pupuk organik memiliki kemampuan untuk memperbaiki kualitas tanah yang rusak akibat penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan dengan terus-menerus di lahan budidaya jagung manis (Zea mays Saccharata). Limbah ampas tahu menjadi bahan alternatif untuk dijadikan pupuk organik karena mengandung bahan yang berpotensi untuk meningkatkan kesuburan tanah dan produksi tanaman jagung manis. Proses pengomposan ampas tahu dapat dipercepat dengan memberikan mikroorganisme lokal (MOL) yang berasal dari limbah sayuran. Pemberian campuran pupuk ampas tahu dengan MOL limbah sayuran diharapkan mampu memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman untuk pertumbuhan jagung manis Talenta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian serta dosis terbaik dari campuran pupuk ampas tahu dengan MOL limbah sayuran terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis Talenta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-September 2021 di Desa Ciburial, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 5 perlakuan (A: kontrol, B: 5 ton ha-1, C: 10 ton ha-1, D: 15 ton ha-1, dan E: 20 ton ha-1) yang diulang sebanyak 6 kali. Berdasarkan hasil penelitian, pemberian campuran pupuk ampas tahu dengan MOL limbah sayuran berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis Talenta. Dosis 15 ton ha-1 campuran pupuk ampas dengan MOL limbah sayuran (Perlakuan D) memberikan hasil terbaik untuk pertumbuhan (tinggi tanaman 7 MST dan luas daun) dan hasil (berat basah tongkol, berat basah tajuk, dan berat kering tongkol) tanaman jagung manis varietas Talenta. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui pengaruh pemberian campuran pupuk ampas tahu dengan MOL limbah sayuran terhadap jagung manis varietas lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ampas Tahu; Jagung Manis; MOL Limbah Sayuran; Pupuk Organik.
Subjects: Specific Techniques of Agriculture > Fertilizers, Growth Regulator
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Azlina Fitriani
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:00
Last Modified: 31 Dec 2021 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47278

Actions (login required)

View Item View Item