Penerapan fungsi manajemen dalam meningkatkan jama’ah Shalat Shubuh dan Shalat Jum’at: Studi deskriptif di Masjid Al-Anshari RW 03 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Agustin, Apriyanti Kartika (2021) Penerapan fungsi manajemen dalam meningkatkan jama’ah Shalat Shubuh dan Shalat Jum’at: Studi deskriptif di Masjid Al-Anshari RW 03 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh Dewan Kemakmuran Masjid untuk memakmurkan masjidnya. Salah satunya dalam hal meningkatkan jama’ah Shalat Shubuh dan Shalat Jum’at. Hal ini dapat diupayakan dengan menerapkan fungsi manajemen dengan sebaik mungkin agar tujuan yang diharapkan dapat terealisasi secara lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang penerapan fungsi manajemen pada Masjid Al-Anshari dalam meningkatkan Jama’ah Shalat Shubuh dan Shalat Jum’at. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk pengetahui proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses penggerakan dan proses pengendalian di Masjid Al-Anshari. Penelitian ini berpijak pada teori manajemen yang membahas teori fungsi manajemen menurut G. R. Terry. Menurut G R. Terry penerapan fungsi manajemen dapat menghantarkan keberlangsungan organisasi berjalan dengan baik apabila keempat unsurnya yaitu planning, organizing, actuating dan controlling (POAC) lebih diperhatikan. Dalam upaya peningkatan jama’ah Shalat Shubuh dan Shalat Jum’at diperlukan POAC untuk mencapai tujuan yang diharapkan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dipandang tepat untuk digunakan dalam penelitian ini. Adapun metode pengumpulan data yakni dengan cara observasi, wawancara, rekaman audio dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Masjid Al-Anshari di dalam meningkatkan jama’ah Shalat Shubuh dan Shalat Jum’at memiliki proses perencanaan berupa penyusunan unsur tujuan, unsur kebijakan, unsur kemajuan, dan unsur program. Proses pengorganisasian yang dilakukan dengan pembagian kerja melalui struktur organisasi, departementalisasi dengan deksripsi kerjanya, distribusi otoritas, dan koordinasi yang dilakukan setiap Briefing di Coffee Break. Proses penggerakan dilakukan melalui proses motivasi, proses kepemimpinan dan proses komunikasi. Proses pengendalian dilakukan dengan memperbaiki penyimpangan-penyimpangan yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen; Shalat Shubuh; Shalat Jum’at; Masjid
Subjects: Customs of People > Organization and Management
General Management > Plant Management
General Management > Executive Management
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Project Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Apriyanti Kartika Agustin
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:56
Last Modified: 30 Dec 2021 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47258

Actions (login required)

View Item View Item