Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel mediasi : Studi pada PT Bonli Cipta Sejahtera Kota Bandung

Akbar, Mochammad Ilham (2021) Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel mediasi : Studi pada PT Bonli Cipta Sejahtera Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja dengan motivasi sebagai variabel mediasi. Dimana variabel lingkungan kerja fisik dan non fisik sebagai variabel bebas, variabel motivasi sebagai variabel intervening, dan variabel kinerja sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu karyawan PT. Bonli Cipta Sejahtera Kota Bandung. Pengambilan sampel sebanyak 108 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, path analysis, dan metode product of coefficient (uji sobel). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan kerja fisik tidak berpengaruh terhadap kinerja, hal tersebut ditunjukan oleh nilai signifikansi yang lebih besar dari standar probabilitas (0,101 > 0,05) dan hasil thitung 1,653 < 1,983 ttabel. Lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, hal tersebut ditunjukan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari standar probabilitas (0,00 < 0,05) dan hasil thitung 6,515 > 1,983 ttabel. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, hal tersebut ditunjukan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari probabilitas (0,00 < 0,05) dan hasil thitung 5,876 > 1,983 ttabel. Lingkungan kerja fisik tidak berpengaruh terhadap motivasi, hal tersebut ditunjukan oleh nilai signifikansi yang lebih besar dari standar probabilitas (0,55 > 0,05) dan hasil thitung -0,590 < 1,983 ttabel. Lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, hal tersebut ditunjukan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari standar probabilitas (0,00 < 0,05) dan hasil thitung 10,201 > 1,983 ttabel. Motivasi tidak terbukti memediasi pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan, hal tersebut ditunjukan dengan hasil uji sobel yang memperoleh nilai zhitung sebesar -0,353 < 1,96. Motivasi terbukti memediasi pengaruh lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan, hal tersebut ditunjukan dengan hasil uji sobel yang memperoleh nilai zhitung sebesar 5,567 > 1,96.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja Fisik; Lingkungan Kerja Non Fisik; Motivasi; Kinerja
Subjects: General Management > Philosophy and Theory of Management
General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Internal Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mochammad Ilham Akbar
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:59
Last Modified: 29 Dec 2021 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47237

Actions (login required)

View Item View Item