Manajemen humas dalam memelihara citra positif lembaga : Analisis deskriptif pada SMA Al-Masoem Sumedang Jawa Barat

Bellahanis, Ririn (2021) Manajemen humas dalam memelihara citra positif lembaga : Analisis deskriptif pada SMA Al-Masoem Sumedang Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

SMA Al-Masoem merupakan sekolah swasta yang terletak di Sumedang, sudah berdiri sejak tahun 1986 bukan hal mudah untuk bisa berdiri sampai saat ini dengan segala pencapain yang sudah di raih. Berdasarkan data pra penelitian yang di lakukan dari website resmi Al-Masoem bahwa SMA Al-Masoem telah mendatkan akreditasi A, menjadi salah satu sekolah swasta favorit di Bandung dan SMA favorit dengan preastasi skala nasional hingga internasional. Melihat beberapa pencapain yang telah di raih maka dari itu humas SMA Al-Masoem selalu berusaha untuk menjaga citra positif lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen humas SMA Al-Masoem dalam memelihara citra positif lembaga melalui proses identifikasi masalah, perencanaan, aksi dan komunikasi serta evalusi program yang di lakukan oleh SMA Al-Masoem. Penelitian ini menggunakan konsep four step PR karena sesuai dengan manajemen humas yang di gunakan oleh SMA Al-Masoem dalam memelihara citra positif lembaga. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontruktivisme, melalui pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data yang di lakukan melalui wawancara mendalam. Hasil dari penelitian yang di lakukan bahwa SMA Al-Masoem dalam memelihara citra positif lembaga menggunakan empat tahapan PR, yang di awali dengan, pertama identifikasi masalah melalui program analisis media sosial, word of mouth, dan layanan pengaduan masyarakat. Kedua melakukan proses perencanaan program yang dilakukan dengan membuat konten serta menggunakan keyword yang menarik. Ketiga aksi dan komunikasi melalui proses penyesuain konten dan pengunggahan konten. Keempat evaluasi program yang di lakukan dengan melakukan monitoring media online dan pusat informasi sebagai tolak ukur keberhasilan. Kesimpulan yang di dapatkan berdasarkan dari hasil temuan bahwa sekolah menengah atas yayasan pendidikan Al-Masoem melakukan manajemen humas untuk memelihara citra positif lembaga yang sudah sesuai dengan teori four step PR yang di kemukan oleh Cutlip, Center and Broom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen humas; manajemen public relations; Al-Masoem; four step PR; memelihara citra; citra positif.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ririn Bellahanis
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:53
Last Modified: 29 Dec 2021 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47205

Actions (login required)

View Item View Item