Kisah Asiyah binti Muzahim dalam Al-Quran : Studi qashashul Qur’an terhadap Qs. At Tahrim ayat 11 dan Al Qashas ayat 8-9

Choerunissya, Asri (2021) Kisah Asiyah binti Muzahim dalam Al-Quran : Studi qashashul Qur’an terhadap Qs. At Tahrim ayat 11 dan Al Qashas ayat 8-9. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Asiyah binti Muzahim merupakan sosok perempuan yang sangat hebat dan telah membuktikan keimanan serta kesabarannya dalam menghadapi cobaan dari suaminya sendiri bahkan mempertahankan keimanannya sampai ia meninggal dunia. Pokok permasalahan yang diangkat oleh penulis yaitu : pertama, Bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang kisah Asiyah Binti Muzahim. Kedua, Apa Persamaan dan Perbedaan anatara kisah yang terdapat dalam QS At Tahrim Ayat 11 dengan QS Al Qashas Ayat 8-9. Ketiga, Apa Manfaat Pengulangan Kisah Asiyah Binti Muzahim. Tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk mengetahui bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang kisah Asiyah Binti Muzahim. Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan anatara kisah yang terdapat dalam QS At Tahrim Ayat 11 dengan QS Al Qashas Ayat 8-9, yang terakhir yaitu untuk mengetahui manfaat pengulangan kisah Asiyah Binti Muzahim. Jenis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dan menggunakan metode deskriprtif analitik. Penafsiran dari beberapa kitab tafsir mengenai Asiyah Binti Muzahim sama-sama menjelaskan bagaimana Allah memberikan contoh bagi orang-orang yang beriman dengan mengungkapkan sosok Asiyah, serta menjelaskan bagaimana kekuasaan Allah turun melalui hati Asiyah untuk mengadopsi Nabi Musa. Pengulangan kisah yang terdapat dalam Qs At Tahrim Ayat 11 dan Al Qashash Ayat 8-9 memiliki persamaan, yang terletak dalam subjek kisahnya, yaitu Asiyah. Sedangkan perbedaan yang mendasar pada kedua ayat di atas adalah konteks kisahnya yang berbeda. Ibrah yang dapat diambil dari sosok Asiyah adalah keteguhan iman dan keyakinannya terhadap Allah. Bisa kita perhatikan selama masa hidupnya Asiyah berada di lingkungan yang tidak mendukung dalam iman kepada Allah, dan mempunyai suami yang kufur. Akan tetapi, semua itu tidak lantas membuat keimanan Asiyah berkurang sampai akhir hayatnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kisah; Asiyah; Al-Quran; At Tahrim Ayat 11; Al Qashash Ayat 8-9
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Asri Choerunissya
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:21
Last Modified: 29 Dec 2021 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47180

Actions (login required)

View Item View Item