Dakwah bil-qalam : Analisis isi pesan dakwah tentang kesalehan dalam buku Saleh Ritual, Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri

Komariah, Engkom (2020) Dakwah bil-qalam : Analisis isi pesan dakwah tentang kesalehan dalam buku Saleh Ritual, Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi saat ini telah memasuki berbagai lini kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangannya, dakwah pun mengikuti perkembangan komunikasi. Saat ini, dakwah dapat disampaikan melalui berbagai media. Media dakwah tersebut salah satunya ialah buku, yang merupakan bagian dari media cetak. Buku merupakan alat komunikasi yang cukup efektif, karena tidak terbatas ruang dan waktu. Dari itu buku dianggap menarik dan cukup relevan sebagai media dakwah. Dalam setiap aktivitas dakwah tentu terdapat pesan dakwah yang disampaikan, yaitu pesan kesalehan untuk mengingatkan manusia agar berislam secara kaffah. Pesan kesalehan tersebut meliputi pesan aqidah, pesan syariah, pesan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan aqidah, syariah, dan akhlak tentang kesalehan dalam buku Saleh Ritual, Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi dengan pendekatan kunatitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan coding sheet. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan jumlah sampel sebanyak 27 dan dengan jumlah coder atau juri sebanyak 2 orang yang dianggap kredibel. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan pada lembar coding sheet dengan menggunakan rumus analisis isi formula R. Holsti, dengan uji validitas dan reliabilitas serta perhitungan presentase pesan dominan. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa dalam buku Saleh Ritual, Saleh Sosial karya K.H. A. Mustofa Bisri terdapat pesan aqidah sebanyak 31%. Kemudian pesan syariah sebanyak 23%. Dan terakhir, sebagai pesan yang paling dominan yaitu pesan akhlak sebanyak 46%. Dalam kaetegori pesan aqidah, kelompok pesan yang paling dominan muncul ialah pesan aqidah yang berkenaan dengan Iman kepada Allah, yaitu sebanyak 13 sub judul. Kemudian untuk kategori pesan syariah, yang paling dominan adalah pesan syariah tentang Ibadah, sebanyak 7 sub judul. Dan untuk kategori pesan akhlak, yang paling dominan yaitu pasan akhlak kepada sesama manusia sebanyak 17 sub judul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan;Dakwah;Kesalehan;Buku;Analisis Isi
Subjects: The Book
Islam
Islam > Muslim
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Engkom Komariah
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:22
Last Modified: 28 Dec 2021 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47169

Actions (login required)

View Item View Item