Pengalaman keagamaan penderita Bipolar Personality Disorder : Studi deskriptif pada komunitas Bipolar Care Indonesia di Bandung

Hidayati, Ira Humairoh (2020) Pengalaman keagamaan penderita Bipolar Personality Disorder : Studi deskriptif pada komunitas Bipolar Care Indonesia di Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Bipolar personality disorder merupakan penyakit jiwa yang meningkat pertumbuhannya di kalangan remaja, dewasa. Penyintas bipolar ini memiliki perubahan mood yang sangat ekstrem dan intens yang disebut dengan episode suasana hati. Episode suasana hati ini dibagi menjadi dua yaitu manic dan deppresive yang mana mengalami perubahan yang terjadi secara tiba-tiba. Hal yang sering terjadi pada penderita bipolar disorder ini adalah individu yang berprilaku agresif, despresi, menghindari keramain (mengisolir) hingga adanya perampasan hak. Maka dari itu dibutuhkannya bimbingan keagamaan yang diberikan kepada masyarakat secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengalaman keagamaan yang dialami oleh penderita bipolar serta proses pemulihan pada penderita bipolar yang tergabung pada komunitas Bipolar Care Indonesia di Bandung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan psikologi karena pendekatan psikologi merupakan pendekatan yang tepat untuk bisa mengidentifikasi prilaku keagamaan penderita bipolar disorder. Pendekatan ini digunakan agar dapat memahami serta melihat prilaku keagamaan yang telah dilakukan oleh penderita bipolar serta agar dapat mendalami dan mengerti dari arti yang tersirat yang dikandungnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengalaman keagamaan penyintas bipolar di komunitas Bipolar Care di Bandung ini rata-rata memahami bahwa agama itu merupakan suatu trauma didirinya, serta mempertanyakan tentang keberadaan dan kasih sayang tuhan. Semua itu dikarenakan adanya stigma dari lingkungan yang mencap bahwa penyintas bipolar itu memiliki iman yang lemah serta adanya gangguan dari mahluk ghaib yang membuat para penyintas mendapat pengobatan dan pemulihan yang salah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Keagamaan; Bipolar Disorders; Penyintas Bipolar;
Subjects: Diseases > Mental Disorders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Ira Humairoh Hidayati
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:51
Last Modified: 28 Dec 2021 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47165

Actions (login required)

View Item View Item