Penerapan metode Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 di SDIT Tunas Mandiri Kabupaten Karawang

Prehartanti, Meilia (2020) Penerapan metode Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 di SDIT Tunas Mandiri Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Meilia Prehartanti, 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorminguntuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih”(Penelitian Tindakan Kelas 1 SDIT Tunas Mandiri Kabupaten Karawang). Penelitian ini dilatar belakangi dengan suatu permasalahan yang terdapat pada mata pelajaran Fiqih di kelas I SDIT Tunas Mandiri Karawang, berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan dengan wawancara dan sebaran instrument soal untuk mengetahui pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran Fiqih rata- rata masih menggunakan metode ceramah, sehingga peserta didik menganggap bahwa pelajaran fiqih adalah pelajaran menghafal bacaan doa-doa yang membosankan. Maka pembelajaran menjadi monoton dan berpengaruh terhadap kurangnya kemampuan pemahaman belajar peserta didik. Metode pembejaran Brainstorming merupakan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik agar lebih kritis dan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Peningkatan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di kelas I SDIT Tunas Mandiri sebelum menggunakan metode pembelajaran Brainstorming 2) proses penerapan metode pembelajaran Brainstirming pada mata pelajaran Fiqih di kelas I SDIT Tunas Mandiri Karawang, 3) Peningkatan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di kelas I SDIT Tunas Mandiri setelah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming. Dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming. peneliti dapat mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan metode pembelajaran Brainstorming di duga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih.. Teknik pengumpulan data saya menggunakan lembar instrument dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu dengan peserta didik kelas I SDIT Tunas Mandiri Kabupaten Karawang sebanyak 28 peserta didik. Pada siklus I tindakan I aktivitas guru mencapai 73% lalu meningkat pada siklus I tindakan II aktivitas guru mencapai 80%. Pada siklus II tindakan I aktivitas guru mencapai 83% lalu meningkat pada siklus II tindakan II aktivitas guru mencapai 96% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I tindakan I mencapai 61% lalu meningkat pada siklus I tindakan II aktivitas peserta didik mencapai 70%. Pada siklus II tindakan I aktivitas peserta didik mencapai 80% lalu meningkat pada siklus II tindakan II aktivitas peserta didik mencapai 83% dengan kriteria sangat baik. Adapun peningkatan pemahaman belajar peserta didik setelah menerapkan metode pembelajaran Brainstorming pada siklus I memperoleh rata-rata presentase sebesar 63% Lalu meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata presentase sebesar 80% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu dapat meningkatkan kemampuan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih dengan hasil pemahaman belajar peserta didik yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode Brainstorming; peserta didik; pemahaman belajar; fiqih
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Meilia Prehartanti
Date Deposited: 27 Dec 2021 05:20
Last Modified: 27 Dec 2021 05:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47134

Actions (login required)

View Item View Item