Pola asuh orang tua terhadap anak di era masyarakat digital : Studi deskriptif di daerah Rumah Susun Bidara Cina Jakarta Timur

Febriansyah, Aldien (2021) Pola asuh orang tua terhadap anak di era masyarakat digital : Studi deskriptif di daerah Rumah Susun Bidara Cina Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era masyarakat digital yang telah memberikan dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pola asuh orang tua terhadap anak. Pada era digital ini, orang tua dituntut harus memiliki pola asuh yang sesuai untuk anak-anaknya. Sebab, apabila pola asuh yang diberikan kepada anak tidak sesuai maka anak bisa saja menerima dampak yang negatif. Penelitian ini bertujuan supaya bisa mengetahui pola asuh orang tua yang dipakai orang tua dalam mendidik anak di era masyarakat digital serta faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua terhadap anak di era masyarakat digital. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah Teori Pertukaran Sosial dari George Caspar Homans. Pertukaran Sosial menurut Homans ialah hubungan sosial terjadi akibat adanya keuntungan. Hubungan sosial yang dimaksud bisa individu atau kelompok. Individu akan melakukan sebuah tindakan jika akan mendapatkan penghargaan. Penghargaan yang dimaksud bisa berupa materi dan non-materi. Metode penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primernya ialah orang tua dalam keluarga dengan jumlah 10 orang tua dalam keluarga (jenuh) dan data sekunder nya ialah kajian ilmiah terdahulu dan dokumen dari Kelurahan Bidara Cina. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi partisipatif pasif yang merupakan bagian dari observasi partisipatif, lalu melakukan wawancara terstruktur. Lebih lanjut untuk teknik analisis datanya bersifat induktif atau berangkat dari data lapangan pada orang tua di wilayah Rumah Susun Bidara Cina yang kemudian di lakukan reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil temuan dari penelitian ini ialah pola asuh orang tua terhadap anak di era masyarakat digital yang diterapkan merupakan pola asuh Authoritative. Pola asuh orang tua tipe Authoritative membebaskan anak dalam melakukan kegiatan, namun orang tua tetap mengawasi anak dalam tingkah laku dan kegiatannya. Pola asuh tipe ini mendepankan rasional dan demokrasi. Orang tua yang menerapkan pola asuh ini menggunakan dukungan berupa pujian dan kata-kata atau menggunakan hadiah berupa materil sebagai pendorong anak untuk melakukan sebuah tindakan yang diarahkan oleh orang tua. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua terhadap anak di era masyarakat digital, yaitu lingkungan sosial masyarakat dan teknologi digital. Dampak era masyarakat digital terhadap pola asuh orang tua pada anak terbagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positifnya ialah orang tua dimudahkan dalam proses pola asuhnya terhadap anak. Sedangkan efek negatifnya menghambat proses pola asuh orang tua terhadap anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Keluarga: Masyarakat Digital;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Culture and Institutions > Family
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aldien Febriansyah
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:01
Last Modified: 27 Dec 2021 02:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47122

Actions (login required)

View Item View Item