Terapi ikhlas dan penerimaan diri terhadap orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus:studi kasus pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di kelurahan Cisurupan rw 08 kecamatan Cibiru kota Bandung

Maesaroh, Siti (2021) Terapi ikhlas dan penerimaan diri terhadap orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus:studi kasus pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di kelurahan Cisurupan rw 08 kecamatan Cibiru kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang tua memiliki harapan yang besar pada setiap anak yang dilahirkannya dan berharap anak akan terlahir dengan sehat dan normal. Namun keadaan setelah anak dilahairkan dan tumbuh mulai nampak kejanggalan-kejanggalan yang terjadi terhadap anak, sampai pada akhirnya muncul diagnosa yang mengatakan bahwa anak memiliki kelainan dan tidak tumbuh sebagaimana mestinya.Berbagai masalah psikologis, ekonomi, dan sebaginya dialami oleh orang tua sebelum pada akhirnya mencapai tahapan penerimaan diri dan mulai dapat mengikhlaskan keadaan yang dialaminya. Setiap orang tua mempunyai proses dan cara masing-masinng dalam mencapai tahap penerimaan diri dan ikhlas. Berdasarkanhal tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Terapi Ikhlas, mengetahui Anak Berkebutuhan Khusus dan untuk mengetahui Peran Terapi Ikhlas terhadap orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan cara melihat gambaran, proses, serta faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan diri dan terapi yang diterapkan pada penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, jumlah responden dalam penelitian ini ialah sebanyak 3 orang, yang merupakan orang tua kandung dari anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian, proses yang dialami oleh para orang tua untuk mencapai penerimaan diri dan merasa ikhlas dengan memiliki anak berkebutuhan khusus yaitu dimulai dari shock, lalu menyangkal, mempunyai perasan berduka, perasaan bersalah, marah, lalu kemudian mulai tawar-menawar dengan keadaaan, setelahnya mulai beradaptasi dan reorganisasi, dan setelahnya mulai menerima dan memahami akan kondisi yang dialaminya. Gambaran dalam penerimaan diri antaranya: pembukaan diri, percaya terhadap kemampuan diri, berpendirian tinggi serta diorientasikan ke dalam sebuah bentuk kegiatan yang menjadikan pribadi lebih dekat dengan Allah, menyadari keterbatasan diri yang dimiliki, kesehatan psikologis serta rasa tanggung jawab. Sikap ikhlas juga sangat di perlukan bagi penerimaan diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terapi; Ikhlas; Penerimaan
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Maesaroh
Date Deposited: 21 Dec 2021 06:01
Last Modified: 21 Dec 2021 06:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47009

Actions (login required)

View Item View Item