Human trafficking perspektif hukum pidana islam : perdagangan perempuan dan anak dibawah umur, faktor penyebab serta alternatif pencegahannya

Iwan, Iwan (2021) Human trafficking perspektif hukum pidana islam : perdagangan perempuan dan anak dibawah umur, faktor penyebab serta alternatif pencegahannya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2021.

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2021.

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2021.

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2021.

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Tindak pidana perdagangan manusia merupkan masalah serius yang dari dulu sampai sekarang belum terselesaikan. Hal tersebut dikarnakan adanya faktor￾faktor yang ikut mendorong tindak pidana kejahatan pedagangan manusia (human trafficking). Faktor-faktor yang mendorong tingginya kejahatan tindak pidana perdagangan manusia antralain faktor pendidikan, faktor ekonomi, faktor pemahaman masyarakat tentang human trafficking, faktor penegakan hukum yang kurang tegas sehingga tidak menimbulkan efek jera kepada pelaku kejahatan. Penilitian ini difokuskan kepada tiga permasalahan, pertama upaya penegakan hukum dalam menekan angka kejahatan tindak pidana human trafficking terutama perdagangan perempuan dan anak dibawah umur di Indonesia, kedua penerapan undang-undang no 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan manusia, ketiga solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam menekan tingginya angka kejahatan tindak pidana perdagangan manusia. Penelitian ini memakai metode kepustakaan (Library research) dimana peneliti meneliti literatur-litelatur yang sudah ada yang berkaitan dengan pembahasan Human Trafficking. Sumber datanya diperloeh dari buku-buku ,ensiklopedia, malakah, artikel serta sumber-sumber lainya yang relevan dengan pembahasan dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menujukan bahwa, pertama upaya penegakan hukum dalam menekan angka tindak pidana perdagangan manusia sejauh ini masih belum efektif karena masih tingginya tindak kejahatan human trafficking yang terjadi di Indonesia. Kedua, penerapan undang-undang no 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan manusia sudah berjalan sesuai peraturan yang ada. Ketiga, kendala yang dihadapi dalam menekan tingginya tindak pidana perdagangan manusia adalah dari pemerintah dan masyarakat. Upaya pemerintah dalam menekan tingginya angka tindak pidana perdagangan manusia masih belum efektif, ditambah ada beberpa peraturan yang membuka ruang terjadinya tindak pidana perdagangan manusia. Sedangakan dari masyarakat sendiri adalah masih rendahnya kualitas sumber daya manusia yang mana berasal dari latar belakang yang pendidikanya kurang, tidak memiliki keahlian atau keterampilan dan rentan terhadap penipuan serta jauh dari sikap kemandirian yang mengakibatkan banyaknya koraban tindak pidana perdagangan manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Human Trafficking; Perdagangan Perempuan dan Anak di bawah umur;Hukum Pidana Islam
Subjects: Criminal Law > Crimes
Criminal Law > Criminals
Criminology
Criminology > Child Abuse
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Iwan Iwan
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:22
Last Modified: 20 Dec 2021 04:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46970

Actions (login required)

View Item View Item