Uji In-Silico senyawa Sesquiterpene Lactone Tithonia Diversifolia terhadap reseptor p53 sebagai agen terapi kanker serviks

Ananda, Dinda Ayunisha Tri (2021) Uji In-Silico senyawa Sesquiterpene Lactone Tithonia Diversifolia terhadap reseptor p53 sebagai agen terapi kanker serviks. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy

Abstract

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi wanita. Sekitar 90% kejadian kanker serviks diakibatkan oleh adanya infeksi Human Papillomavirus (HPV) yang dapat menurunkan ekspresi protein p53, sehingga kontrol siklus sel, apoptosis, dan perbaikan DNA tidak terjadi. Akibatnya, sel-sel leher rahim tumbuh secara abnormal membentuk kanker serviks. Kelemahan metode kemoterapi diantaranya kurang selektif dan mengakibatkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare sehingga diperlukan alternatif. Beberapa senyawa golongan sesquiterpene lactone yang dihasilkan dari tanaman Tithonia diversifolia diprediksi memiliki kemampuan sebagai antikanker sehingga berpotensi menjadi kandidat obat dengan efek samping yang minim. Penelitian potensi dari senyawa kandidat obat ini dilakukan dengan pendekatan in-silico melalui metode penambatan molekuler. Penelitian bertujuan untuk mengetahui nilai energi afinitas beberapa senyawa sesquiterpene lactone dalam berinteraksi dengan reseptor p53 dan mengetahui senyawa yang paling berpotensi sebagai agen terapi kanker serviks. Penambatan molekuler dilakukan menggunakan tools AutoDock Vina dalam software PyRx, kemudian data hasil penambatan juga dianalisis secara visualisasi menggunakan software Discovery Studio. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai perbandingan energi afinitas senyawa uji yaitu sebesar -7.6 kcal/mol untuk senyawa tagitinin C, -7.4 kcal/mol untuk senyawa diversifolin, -7.3 kcal/mol untuk senyawa tagitinin A dan tagitinin F, -7.0 kcal/mol untuk senyawa tirotundin, -6.7 untuk senyawa tagitinin E dan tithofolinolide, -5.9 kcal/mol untuk senyawa diversifolide. Diversifolin menghasilkan nilai energi afinitas rendah yakni -7.4 kcal/mol dengan jumlah ikatan hiderogen terbanyak, yang berarti memiliki interaksi yang lebih stabil dengan reseptor p53 sehingga diprediksi paling berpotensi sebagai kandidat obat untuk melawan kanker serviks yang diinduksi HPV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: sesuai izin dosen pembimbing hanya upload halaman awal pada setiap filenya
Uncontrolled Keywords: Human papillomavirus; kanker serviks; penambatan molekuler; protein p53; sesquiterpene lactone.;
Subjects: Physiology > Cell Biologi, Cytology
Human Anatomy, Cytology, Histology
Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Dinda Ayunisha Tri Ananda
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:31
Last Modified: 17 Dec 2021 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46931

Actions (login required)

View Item View Item