Penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP BP Al-Muthohhar

Yulyanti, Yulyanti (2021) Penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP BP Al-Muthohhar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan dengan kemampuan pemahaman matematis masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan Non equivalent Control Group Design .pemilihan subjek penelitian menggunakan Simple Random Sampling yang terdiri dari 2 kelas Untuk meningkatkan pemahaman matematis salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran Attention relevance Confidence Satisfaction (ARCS). Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara pesertadidik yang menggunakan model pembelajaraan Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) lebih baik dibandingkan pesertadidik yang menggunakan model konvensional. (2) Mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis antara pesertadidik yang memperoleh model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dengan pesertadidik yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan Tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) yang berkategori tinggi, sedang, dan rendah. (3) Mengetahui sikap pesertadidik terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS). Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, dimana pesertadidik yang menggunakan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) lebih baik dari pesertadidik yang menggunakaan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa, dimana yang memperoleh model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) lebih baik dibanding pesertadidik yang menggunakan model pembelajaraan konvensional; (3) Sikap siswa yang memperoleh pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika. Dengan demikian, model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) efektif dalam mengkatkan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Attention Relevance Confidence Satisfaction; Kemampuan Pemahaman Matematis.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yulyanti Yulyanti
Date Deposited: 20 Dec 2021 05:56
Last Modified: 20 Dec 2021 05:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46899

Actions (login required)

View Item View Item