Evaluasi kinerja keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2016-2020

Azizah, Nida Nurul (2021) Evaluasi kinerja keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Keuangan daerah menjadi salah satu urusan yang berhak dikelola oleh pemerintah daerah. Kabupaten Ciamis termasuk ke dalam daerah otonom, yang memiliki kewenangan mengurus dan mengelola daerahnya sendiri, termasuk dalam urusan keuangan. Laporan Realisasi APBD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2016-2020 menunjukkan penurunan dan peningkatan anggaran yang tidak konsisten baik dari segi pendapatan daerah mau pun dari segi belanja daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan kinerja keuangan pemerintah daerah Kabupaten Ciamis selama tahun anggaran 2016-2020 dengan menggunakan teori perhitunga rasio-rasio keuangan yang menjadi alat ukur dalam mengevaluasi kinerja keuangan daerah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori evaluasi kinerja keuangan menurut Mahmudi (2016 : 163), bahwa evaluasi kinerja keuangan diukur dengan memperhitungkan rasio-rasio keuangan yang merupakan alat ukur untuk mengevaluasi kinerja keuangan dengan perbandingan dua angka dari data yang diperoleh dari laporan keuangan tahun ke tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta materi audio dan visual. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan rasio keuangan sebagai pengukur evaluasi kinerja keuangan daerah, Mahmudi, menyebutkan untuk mengevaluasi kinerja keuangan menggunakan pengukuran rasio keuangan, yakni 1) rasio ketergantungan daerah; 2) rasio kemandirian daerah; 3) rasio efektivitas PAD; dan 4) rasio efisiensi PAD. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Rasio Kemandirian Daerah Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2016-2020, dengan rata-rata tingkat ketergantungan daerah dari tahun 2016 sampai 2020 sebesar 62% dan berada para kriteria sedang; 2) Rasio Kemandirian Daerah Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2016-2020 berada dalam kriteria rendah sekali dengan tingkat sebesar 10% yang termasuk ke dalam pola hubunga ninstruktif, artinya dalam pelaksanaan otonomi daerah, Kabupaten Ciamis masih belum mampu dan masih mengandalkan konstribusi pemerintah pusat; 3) Rasio Efektivitas PAD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2016-2020 rata-rata sebesar 98% yang dinyatakan cukup efektif dalam mengatur pendapatan anggaran sesuai dengan yang ditargetkan setiap tahunnya; dan 4) Rasio Efisiensi PAD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2016-2020 rata-rata sebesar 104% yang dinyatakan kurang efisien, artinya Kabupaten Ciamis kurang efisien dalam mengoptimalisasikan sumber pendapatan dan potensi daerahnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan; Rasio Ketergantungan Daerah; Rasio Kemandirian Daerah; Rasio Efektivitas PAD; Rasio Efisiensi PAD
Subjects: Public Finance
Public Finance > Public Finance of Specific Localities
Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nida Nurul Azizah
Date Deposited: 16 Dec 2021 05:06
Last Modified: 16 Dec 2021 05:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46898

Actions (login required)

View Item View Item