Analisis hukum ekonomi syariah dalam jual beli berbeda antara harga tercantum dan pembayaran di Indomaret Puserren Kecamatan Enrekang: Studi kasus di Indomaret Puserren Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang Makassar Sulawesi Selatan

Mutmainnah, Alfirah (2021) Analisis hukum ekonomi syariah dalam jual beli berbeda antara harga tercantum dan pembayaran di Indomaret Puserren Kecamatan Enrekang: Studi kasus di Indomaret Puserren Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang Makassar Sulawesi Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Praktik jual beli modern menggunakan sistern harga pas. Namun demikian, di ndomaret Puserren, Kee Enrekang terjadi perbedaan harga antara harga yang dipasang pada rak barang dengan harga tereanturn pada resi pernbayaran. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui: (1) kejadian perbedaan antara harga tereanturn dengan harga yang dibayarkan di lndornaret Puserren Kee. Enrekang, (2) penyebab terjadinya peristiwa perbedaan antara harga tereanturn dengan harga yang dibayarkan di lndomaret Puserren Kee. Enrekang, dan (3) status hukum tindakan membedakan harga tereantum dengan harga yang dibayarkan di lndornaret Puserren Kee. Enrekang. Kerangka berfikir dalarn penelitian ini didasarkan pada ketentuan• ketentuan rnengenai jual beli gharar yang terdapat dalarn QS. Al-Nisa ayat 29, QS. Al-Baqarah ayat 275. Bahwa dalarn kegiatan jual beli kita harus rnenghidari gharar, termasuk dalam penetapan harga. Harga harus diperhatikan dalam pelaksanaan jual beli karena merupakan salah satu unsur penting dalam jual beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rnetode lapangan (field research), jenis pendekatan kualitatif, yaitu rnenekankan analisis proses berfikir seeara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan an tar fenomena yang diamati dan menggunakan logika ilmiah, serta menganalis proses jual beli di Indomaret dengan konsep perbedaan harga tereantum dan pembayaran dengan mengaeu pada teori Ekonorni Syariah. Metode pengumpulan data dengan wawaneara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (I) kejadian perbedaan harga di Indornaret Puserren, Keearnatan Enrekang dialarni oleh beberapa pelanggan lndomaret setempat, (2) penyebab terjadinya perbedaan harga tereantum dan pembayaran di Indornaret Puserren karena kelalain dari pegawai Indomaret yang tidak rnenjalankan tugasnya dengan professional dengan eepat mengganti harga barang lama dengan harga barang baru, dan (3) status hukurn tindakan perbedaan harga di lndomaret Puserren, hukumnya terrnasuk jual beli fasid dan ditemukan adanya unsur gharar di dalamnya yakni dalam akad, akan tetapi unsur gharar yang diternukan di lndornaret Puserren tidak rnenjadikan jual beli ini dilarang, karena unsur gharar yang ada pada jual beli ini ringan dengan ketentuan kedua belah pihak suka sama suka, saling ridha dan tidak ada paksaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Harga; Ekonomi; Selisih
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Alfirah Mutmainnah
Date Deposited: 15 Dec 2021 06:29
Last Modified: 15 Dec 2021 07:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46859

Actions (login required)

View Item View Item