Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam materi khulafaurrasyidin pada mata pelajaran SKI kelas V MI

Prisilya, Anisya (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam materi khulafaurrasyidin pada mata pelajaran SKI kelas V MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh degradasi akhlak pada anak sejak dini. Maraknya beberapa kasus mengenai kenakalan pada anak dan remaja seperti geng motor, begal, pencurian, serta kejahatan asusila lainnya yang salah satunya disebabkan oleh kelalaian orang tua dan guru dalam membangun nilai-nilai akhlak sejak dini pada anak. Kurangnya kualitas pembelajaran agama, yang mana dengan pelajaran-pelajaran agama akan membangun nilai akhlak yang baik bagi anak untuk kehidupannya ketika beranjak dewasa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) materi pembahasan Khulafaurrasyidin pada pembelajaran SKI kelas V MI, 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terdapat dalam materi Khulafaurrasyidin pada pembelajaran SKI kelas V MI, serta 3) Penerapan Metode Keteladanan dalam membentuk nilai-nilai pendidikan akhlak siswa berdasarkan keteladanan Khulafaurrasyidin. Materi Khulafaurrasydin pada pelajaran SKI kelas V MI di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat menjadi keteladanan dalam membentuk akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam memahami ruang lingkup pendidikan akhlak harus paham bahwa interaksi tidak hanya berkaitan antara manusia dengan manusia saja, namun mencakup hubungan manusia dengan penciptanya yakni Allah Swt. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang dibahas dalam materi Khulafaurrasyidin ini berkaitan dengan hubungan manusia terhadap Allah Swt dan terhadap sesama manusia yakni kepada Rasulullah Saw, diri sendiri maupun terhadap masyarakat yang akan menjadi teladan bagi siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian kepustakan. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, serta rangkaian membaca, memahami, mengklasifikasikan, serta menyimpulkan isi buku. Dan untuk teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam materi khulafaurrasyidin pada mata pelajaran SKI kelas V MI yaitu akhlak terhadap Allah SWT yang meliputi taqwa, cinta dan ridho, ikhlas. Akhlak terhadap sesama manusia, meliputi: 1) akhlak terhadap Rasulullah Saw, yaitu mencintai dan memuliakan Rasulullah Saw, dan menaati dan meneladani Rasulullah Saw. 2) Akhlak terhadap diri sendiri, yaitu jujur, tegas, memegang janji, sopan dan santun, peduli. 3) Akhlak terhadap masyarakat yaitu adil, saling mengingatkan dalam ketakwaan, menolong sesama, membela yang lemah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan akhlak; materi khulafaurrasyidin.
Subjects: The Book
Islam > Sahabat, Comapnions
Elementary Education
Literature
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anisya Prisilya
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:47
Last Modified: 16 Dec 2021 04:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46853

Actions (login required)

View Item View Item