Implementasi Corporate Social Responsibility PT Len Industri (Persero) melalui program pembangunan Solarpump

Manuay, Isnaini Halillah (2021) Implementasi Corporate Social Responsibility PT Len Industri (Persero) melalui program pembangunan Solarpump. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

PT Len Industri (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki tanggung jawab dalam hal mengembangkan produk-produk dan bisnis dalam bidang elektronika untuk kebutuhan industri dan prasarana. Teknologi yang dikembangkan oleh PT Len Industri (Persero) mempunyai peran strategis, salah satunya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui produk-produk energi terbarukan dan hal tersebut dapat dicapai melalui program CSR yang dijalankannya. PT Len Industri (Persero) membuat program Pembangunan Solarpump yang merupakan salah satu turunan dari Program Tenaga Surya untuk Bangsa. Program ini adalah program pembangunan pompa air tenaga surya sebagai salah satu produk tenaga surya yang dikembangkan dan diproduksi langsung oleh PT Len Industri (Persero). Produk tersebut kemudian disumbangkan ke beberapa daerah terpencil atau pedalaman di Indonesia untuk membantu masyarakat mendapatkan air bersih secara gratis dan merata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap-tahap yang dilakukan oleh PT Len Industri (Persero) dalam menjalankan program CSR Pembangunan Solarpump, mulai dari pelaksanaan program, hambatan yang dihadapi, hingga evaluasi program. Penelitian ini menggunakan model The Four - Step Public Relations Process dan konsep implementasi CSR. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi CSR tersebut melalui tahap pelaksanaan dengan melakukan produksi perangkat Solarpump dan Pembangunan Solarpump. Saat tahap pelaksanaan CSR dilakukan, terdapat satu hambatan yang dihadapi oleh pihak PT Len Industri (Persero) yaitu proses pengiriman perangkat Solarpump yang memakan waktu cukup lama dikarenakan jarak tempuh yang cukup jauh. Tahapan terakhir adalah evaluasi yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah pengecekan hasil Pembangunan Solarpump, tahap kedua adalah monitoring Solarpump, dan tahap ketiga adalah serah terima Solarpump yang dilaksanakan bersamaan dengan transfer knowledge. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa PT Len Industri (Persero) menjalankan program CSR dengan baik. Hambatan yang timbul saat pelaksanaan program dapat dicari solusinya bersama-sama, sehingga pada akhirnya program CSR tersebut berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat selaku penerima CSR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Corporate Social Responsibility; Solarpump
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Isnaini Halillah Manuay
Date Deposited: 14 Dec 2021 07:16
Last Modified: 14 Dec 2021 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46828

Actions (login required)

View Item View Item