Analisis kesesuaian pembelajaran pada buku siswa dan buku guru MI kelas V kurikulum 2013 revisi 2017 mapel bahasa Indonesia dengan keterampilan berbicara

Al Fathan, Kukuh Maulana (2020) Analisis kesesuaian pembelajaran pada buku siswa dan buku guru MI kelas V kurikulum 2013 revisi 2017 mapel bahasa Indonesia dengan keterampilan berbicara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa terutama di tingkat SD/MI. terdapat berbagai faktor yang menyebabkan keterampilan berbicara siswa rendah. Salah satu faktornya adalah faktor dari sumber belajar. Sumber belajar yang digunakan di sekolah tentunya sangat beragam, bahan ajar salah satunya. Bahan ajar merupakan segala bentuk bahan pembelajaran yang digunakan oleh guru dan siswa secara sistematis dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Bahan ajar dibagi menjadi bahan ajar cetak dan non cetak. Bahan ajar non cetak meliputi audio, display, dan video. Sedangkan bahan ajar cetak meliputi buku teks, lembar kerja siswa, dan handout. Bahan ajar yang dipilih dalam penelitian ini adalah buku teks. Buku teks merupakan buku kegiatan belajar yang berisi uraian mengenai materi yang disusun secara sistematis dengan tujuan tertentu. Buku teks yang dipilih pada penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 revisi 2017 dari tema satu sampai tema lima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku pembelajaran di MI, mengetahui kesesuaian pembelajaran pada buku guru dan buku siswa MI kelas V Mata pelajaran bahasa Indonesia dengan keterampilan berbicara yang menjadi acuan dalam analisis ini adalah indikator keterampilan berbicara. Serta dengan ini mengetahui konsep buku ideal pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas V MI dalam peningkatan keterampilan berbicara. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (Library research) yang merupakan metode yang berkaitan dengan pengumpulan data dengan cara membaca, menelaah, menganalisis, teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi, dan teknik analisis data dengan tiga tahapan yaitu mereduksi data, penyajian data dan penampilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik buku pembelajaran bahasa Indonesia di MI adalah adanya keseimbangan antara kompetensi sikap, kompetensi keterampilan dan kompetensi pengetahuan serta kesesuaiannya dengan materi, penyajian materi dan bahasa yang digunakan. Pembelajaran bahasa Indonesia yang tersusun dalam semua tema pada semester satu menunjukkan adanya kesesuaian dengan indikator keterampilan berbicara, yaitu: 1) lafal dan ucapan, 2) tata bahasa, 3) kosakata/diksi, 4) kefasihan, kemudahan, dan kecepatan, 5) isi pembicaraan, 6) pemahaman pesan. Konsep buku ideal pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas lima adalah dengan menentukan materi yang sangat akurat dengan KI dan KD yang ada, menggunakan teknik penyajian pembelajaran secara lengkap, pemakaian bahasa yang komunikatif disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa serta dilengkapi dengan desain buku yang kayak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesesuaian; Buku guru; Buku siswa; dan keterampilan berbicara
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kukuh Maulana AlFathan
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:37
Last Modified: 13 Dec 2021 02:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46789

Actions (login required)

View Item View Item