Nilai nilai pendidikan karakter dalam novel anak budak teuneung karya samsoedi untuk bahan ajar siswa madrasah ibtidaiyah kelas 5

Saphira, Adinda Nur (2021) Nilai nilai pendidikan karakter dalam novel anak budak teuneung karya samsoedi untuk bahan ajar siswa madrasah ibtidaiyah kelas 5. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengoptimalisasian karakter yang ditemukan banyak kendala dalam berbagai situasi. Pendidikan karakter juga diperlukan semua aspek kehidupan termasuk lembaga pendidikan. Sekolah dinilai sebagai lokasi yang strategis dengan tujuan siswa menggunakan semua perkataannya, sikap dan perilaku yang mencerminkan karakter yang baik dan kuat. Idealnya, pembelajaran di sekolah harus mampu menciptakan pembelajaran yang baik. Pembelajaran yang baik akan mampu mencapai tujuan pengajaran dan membantu perkembangan siswa mengoptimalkan internalisasi nilai-nilai karakter dalam dirinya. Maka pembelajaran perlu menggunakan media pembelajaran yang sesuai serta memiliki kemampuan yang memadai dalam pengelolaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter, kajian struktural menurut Robert Stanton dan kaitan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Budak Teuneung karya Samsoedi dengan bahan ajar siswa madrasah ibtidaiyah kelas 5. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel novel Budak Teuneung karya Samsoedi memiliki relevansi dengan pembelajaran Bahasa Sunda di MI. Sehingga novel ini dijadikan salah satu bentuk novel yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di MI. Penelitian ini juga mengadopsi metode penelitian teoritis Robert Stanton yang akan mempelajari tema-tema dalam novel, fakta cerita, dan sarana sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui Teknik Pustaka. Data dalam penelitian akan dianalisis atau diperoleh menggunakan Studi Pustaka, di mana data akan dianalisis menggunakan buku-buku terkait objek penelitian. Adapun hasil penelitiannya yaitu: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Budak Teuneung yaitu: jujur, bersahabat/ komunikatif, peduli sosial, kerja keras, tanggung jawab, gemar membaca dan cinta damai. 2) Novel tersebut memiliki tema pendidikan dan anak, selain itu fakta cerita yang ditemukan dari segi alur, karakter, latar dan suasana. Sedangkan pada sarana-sarana sastra yang ditemukan terbagi menjadi dua yaitu: judul dan sudut pandang. 3) Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Budak Teuneung karya Samsoedi bisa dijadikan bahan ajar muatan lokal yaitu pembelajaran Bahasa Sunda di MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter; novel; bahan ajar.
Subjects: Education
Elementary Education
Language
Analysis, Theory of Functions
Literature
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adinda Nur Saphira
Date Deposited: 21 Dec 2021 02:01
Last Modified: 21 Dec 2021 02:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46785

Actions (login required)

View Item View Item