Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Petualangan Sherina dan relevansinya dengan pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah

Baiduri, Isti Nilam (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Petualangan Sherina dan relevansinya dengan pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dasar dikalangan masyarakat. Memasuki era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, berbagai media untuk penanaman nilai banyak dilakukan melalui sebuah pendidikan formal maupun nonformal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film petualangan Sherina, 2) Relevansi nilai pendidikan karakter dengan pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam film petualangan Sherina. Penelitian ini didasarkan pada perkembangan dan pertumbuhan yang mempengaruhi perilaku yang dilakukan oleh anak. Metodologi penelitian dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan tteknik analisis data yang digunakan yaitu analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang berdasar pada makna penanda (signifier) dan petanda (signified). Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film petualangan Sherina. Terdapat 16 indikator nilai dari 18 indikator nilai-nilai karakter, 2) terdapat relevansi nilai pendidikan karakter dengan pembinaan akhlak siswa madrasah ibtidaiyah sehingga dapat dijadikan sebagai media referensi guru maupun orang tua untuk membina akhlak siswa madrasah ibtidaiyah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter; Film Petualangan Sherina
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Elementary Education
Public Performances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isti Nilam Baiduri
Date Deposited: 14 Dec 2021 07:14
Last Modified: 14 Dec 2021 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46784

Actions (login required)

View Item View Item