Pengembangan media pembelajaran game edukasi Construct2 berbasis android pada mata pelajaran Virus kelas X

Fikri, Noer Muhammad (2021) Pengembangan media pembelajaran game edukasi Construct2 berbasis android pada mata pelajaran Virus kelas X. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran dilakukan untuk memecahkan masalah kesulitan belajar siswa serta untuk melengkapi sumber belajar di sekolah. Kurangnya media pembelajaran menjadi salah satu kendala dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteriktik media yang dikembangkan, menganalisis perbandingan antara media yang digunakan sekolah dan media yang dikembangkan, menganalisis kelayakan media, dan menganalisis respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan tahapan 4-D modifikasi menjadi 3-D (Define, Design, Develop). Jenis penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi game edukasi berbasis android, sehingga dinamakan penelitian dan pengembangan, Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara guru biologi, lembar uji validasi media construct2, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji kelayakan oleh validator ahli materi sebesar 77,7% (layak), ahli media sebesar 80% (layak) dan angket respon siswa didapatkan sebesar 84,38% (Layak). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis education games ini layak untuk digunakan dengan harapan dapat membantu proses pembelajaran materi virus menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Construct2;Game edukasi; Media Pembelajaran ; Virus
Subjects: Education > General Publications of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Noer Muhammad Fikri
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:11
Last Modified: 10 Dec 2021 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46779

Actions (login required)

View Item View Item