Penerapan pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) berbasis konflik kognitif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan Self-Efficacy siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungsari

Aprilyanti, Riani (2020) Penerapan pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) berbasis konflik kognitif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan Self-Efficacy siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungsari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen dengan desain non-equivalent control group design, tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menggunakan metode PSI berbasis konflik kognitif dengan konvensional, (2) Perbedaan peningkatan self-efficacy antara siswa yang menggunakan metode PSI berbasis konflik kognitif dengan konvensioanal, dan (3) Hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttest kemampuan berpikir kreatif, dan angket pre-post self-efficacy siswa. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) Terdapat perbedaan peningkatan self-efficacy siswa, dan (3) Kesulitan siswa dalam kemampuan berpikir kreatif dapat diminimalisir melalui adaptasi soal non rutin. Pembelajaran PSI berbasis konflik kognitif melatih siswa untuk mengkontruksi pengetahuannya sendiri, berinteraksi sosial dan menekankan ketuntasan belajar setiap sub-materi sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Personalized System of Instruction (PSI); Konflik Kognitif; Kemampuan Berpikir Kreatif; Self-Efficacy
Subjects: Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Riani Aprilyanti
Date Deposited: 13 Dec 2021 01:34
Last Modified: 13 Dec 2021 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46778

Actions (login required)

View Item View Item