Pengaruh Korean Brand Ambassador dan Brand Equity terhadap minat beli konsumen pada platform online shop Tokopedia : Studi pada mahasiswa jurusan manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2017

Aulia, Faras Annisa (2021) Pengaruh Korean Brand Ambassador dan Brand Equity terhadap minat beli konsumen pada platform online shop Tokopedia : Studi pada mahasiswa jurusan manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2017. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan era digital yang telah mununjang berbagai aktivitas termasuk bidang pemasaran. Banyak pelaku bisnis bersaing untuk menarik minat beli konsumen pada platform online shop khususnya pada saat pandemi COVID-19 termasuk Tokopedia. Salah satu strateginya memilih BTS (band musik asal Korea) sebagai brand ambassdor dan brand equity untuk meninggalkan kesan yang menarik dan dapat meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador terhadap minat beli konsumen online shop Tokopedia, pengaruh brand equity terhadap minat beli konsumen online shop Tokopedia dan pengaruh brand ambassador dan brand equity terhadap minat beli konsumen online shop Tokopedia. Kerangka berpikir dari penelitian ini menghasilkan hipotesis: 1) Variabel brand ambassador berpengaruh negatif terhadap minat beli konsumen online shop Tokopedia, 2) Variabel brand equity berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen online shop Tokopedia, 3) Variabel brand ambassador dan brand equity secara simultan berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen online shop Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data mencakup keseluruhan variabel yang erat kaitannya dengan pengaruh brand ambassador dan brand equity terhadap minat beli konsumen online shop Tokopedia. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 71 responden mahasiswa jurusan manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2017. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan sebagai berikut. 1) Brand Ambassador tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli dengan nilai t_hitung -0,887 < t_tabel 1,668 dan nilai signifikansi 0,378 > 0,05. 2) Brand equiy memiliki pengaruh terhadap minat beli dengan nilai t_hitung 6,782 > t_tabel 1,668 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Brand ambassador dan brand equity secara simultan memiliki pengaruh terhadap minat beli dengan nilai F_hitung 23,639 > F_tabel 3,13 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador; Brand Equity; Minat Beli; Online Shop; Tokopedia
Subjects: General Management
General Management > General Publications of Marketing
General Management > Market Research, Market Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Faras Annisa Aulia
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:31
Last Modified: 13 Dec 2021 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46768

Actions (login required)

View Item View Item