Kemampuan komunikasi konselor dalam sikap penerimaan siswa : Penelitian di MA Al-Jawami Cileunyi,Bandung

Masrifah, Rima Siti (2021) Kemampuan komunikasi konselor dalam sikap penerimaan siswa : Penelitian di MA Al-Jawami Cileunyi,Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_COVER.docx

Download (141kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.docx

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.docx

Download (39kB)
[img] Text (BAB I)
4_BAB1.docx

Download (67kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.docx
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.docx
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.docx
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.docx
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi bagi kehidupan menjadi jembatan untuk mengantar kita ke berbagai kebutuhan,oleh karena itu komunikasi merupakan bagian dari kehidupan. Dalam keseharian kita bahkan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkomunikasi daripada aktivitas yang lainnya dan juga dapat dipastikan kita bisa berkomunikasi hampir di semua aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi guru BK di MA Al-Jawami Cileunyi,bagaimana m,etode yang digunakan guru BK dalam berkomuniukasi dan bagaimana sikap penerimaan siswa terhadap kemampuan komunikasi guru BK MA Al-Jawami Cileunyi.. Adapun penelitian ini menggunakan teori Pawito dan C Sadjono (1994 : 12) mencoba mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses dengan mana suatu pesan dipindahkan atau dioperkan (lewat suatu saluran) dari suatu sumber kepada penerima dengan maksud mengubah perilaku,perubahan dalam pengetahuan,sikap dan perilaku overt lainnya. Sekurang-kurangnya didapati emat unsur utama dalam model komunikasi yaitu sumber (the source), pesan (the message), saluran (the channel) dan penerima (the receiver). Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif,yaitu metode untuk mengungkapkan dan memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya dari hasil penelitian (Winarno S, 1989:139). Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif atau menggambarkan komunikasi konseling terhadap sikap penerimaan siswa. Penulis bisa langung melihat situasi dan kondisi komunikasi ketika sedang berlangsungnya proses konseling siswa MA Al-Jawami. Dengan metode ini juga didasarkan atas pendapat Winarno Surakhmad (1982:139). Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru BK dan Siswa MA Al-Jawami dapat disimpulkan bahwa sikap penerimaan siswa terhadap guru BK MA Al-Jawami merespon sangat baik. Kemampuan komunikasi konselor yang baik membuat siswa dapat berkonsultasi dengan nyaman,dan dapat menyimpan kepercayaan penuh terhadap guru BK untuk bisa membantu permasalahan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi; Konselor; Sikap Penerimaan Siswa
Subjects: Adventure, Collected Accounts of Events
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rima Siti Masrifah
Date Deposited: 08 Dec 2021 06:03
Last Modified: 08 Dec 2021 06:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46739

Actions (login required)

View Item View Item