Upaya guru dalam mengajarkan sikap afektif dengan model konsiderasi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada masa Pandemi Covid-19: Studi deskriptif pada Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang

Ameliawati, Siti (2021) Upaya guru dalam mengajarkan sikap afektif dengan model konsiderasi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada masa Pandemi Covid-19: Studi deskriptif pada Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan aspek afektif model konsiderasi berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berupa tanggung jawab, kerja sama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, kemampuan mengendalikan diri, mampu bergaul dengan masyarakat, empati, dan hilang sikap egosi. Akan tetapi, guru pelajaran akidah akhlak pada Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang melaksanakan proses pembelajaran sikap afektif ini pada masa pandemic covid-19, oleh karena itu menarik untuk dilakukan penelitian karena tantangannya cukup komplek dari pihak guru maupun siswa kelas 1 aliyah ini. Dengan latar belakang permasalahan tersebut diajukan pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid- 19 pada sikap afektif siswa?; 2) Pelaksanaan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam pembelajaran daring dengan model konsiderasi pada masa pandemi covid- 19 pada sikap afektif siswa?: 3) Proses evaluasi dalam pembelajaran daring untuk ranah afektif dengan model konsiderasi pada mata pelajaran aqidah akhlak pada masa pandemi covid- 19 pada siswa?;4) faktor penunjang dan penghambat pembelajaran daring untuk ranah afektif dengan model konsiderasi dalam pelajaran aqidah akhlak pada masa pandemi covid-19 untuk siswa? Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Darussalam, Kabupaten Sumedang yang bertujuan untuk menjawab empat pertanyaan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sumber data primernya adalah para guru mata pelajaran akidah akhlak dan siswa kelas satu madrasah aliyah Darussalam Persatuan Islam di Kabupaten Sumedang, sedangkan sumber data sekundernya ketua yayasan As-Salam, Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, dan guru yang lainnya serta dokumen yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan di Madrasah Aliyah Darus Salam. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis isi setelah data diklasifikasikan sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan dengan teknik pengamatan dan wawancara serta studi dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa proses perencanaan dimulai dengan menyusun materi pelajaran akidah akhlak dan mengajarkan dengan sistem daring. Evaluasi hasil belajar dengan model konsiderasi dengan mengawasi langsung kepada siswa dalam pergaulannya di masyarakat, sikapnya yang lebih matang dan senantiasa berempati kepada keadaan orang lain di lingkungannya yang mengalami sesuatu yang kurang menguntungkan. Faktor yang menunjang adalah dorongan semangat dari guru dan semua pihak menimbulkan siswa tetap bersemangat memngikuti pembelajaran dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan, sedangkan penghambatnya adalah belum meratanya siswa yang memiliki telpon seluler yang sudah android dan biaya pembelian kuota yang memberatkan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; sikap afektif; akhlak
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ameliawati
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:42
Last Modified: 11 Oct 2022 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46730

Actions (login required)

View Item View Item