Tanggapan siswa terhadap poster tentang kebersihan hubungannya dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan : Penelitian di kelas V SDN Manggahang 02 tahun ajaran 2019/2020

Irawan, Khoirunnisa Putri Nie (2021) Tanggapan siswa terhadap poster tentang kebersihan hubungannya dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan : Penelitian di kelas V SDN Manggahang 02 tahun ajaran 2019/2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang terjadi di SDN Manggahang 02 bahwa masih ada siswa yang tidak menjaga kebersihan dengan membuang sampah sembarangan, hal tersebut terlihat dari halaman kelas V yang terlihat masih ada sampah dan membuat lingkungan sekolah menjadi kotor. Padahal pihak sekolah sudah memasang banyak poster yang menarik, berisi gambar juga ajakan dan adapula yang berisi hadits-hadits tentang menjaga kebersihan yang seharusnya membuat siswa terbiasa menjaga kebersihan sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Tanggapan Siswa Terhadap Media Poster Tentang Kebersihan (2) Akhlak Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah (3) Tanggapan Siswa Terhadap Poster Tentang Kebersihan Di Sekolah Hubungannya dengan Akhlak Mereka Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Berdasarkan Teori yang ada bahwa saat tanggapan siswa terhadap sesuatu itu positif salahsatunya adalah poster tentang kebersihan yang sesuai dengan ketentuan poster, maka diduga akan timbul akhlak yang baik pula termasuk salah satunya adalah akhlak dalam menjaga kebersihan lingkungan. Langkah-langkah penelitian ini adalah : 1) Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan metode korelasi. 2) Responden 40 Siswa kelas V.A dan V.B SDN Manggahang 02. 3) Alat pengumpul data: Observasi, Angket dan Wawancara. 4) Analisis data penelitian menggunakan analisis data kuantitatif dengan pendekatan statistik. Hasil anlisis menunjukkan 1) Tanggapan Siswa terhadap Poster tentang Kebersihan adalah berkategori positif dengan rata-rata nilai 4,16. Angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Akhlak siswa dalam menjaga kebersiha berkategori sering dengan rata-rata 4,00. Angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap poster tentang kebersihan dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan berkategori kuat dengan koefisien korelasi 0,73. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang dilakukan bahwa thitung = 6,6 > ttabel=0,312 maka h0 ditolak, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap poster tentang kebersihan dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan. Derajat pengaruh bernilai sebesar 32%. Angka tersebut mengisyaratkan bahwa masih ada 68% faktor lain yang mempengaruhi akhlak siswa dalam menjaga kebersihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Poster Tentang Kebersihan; Akhlak; siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirunnisa Putri Nie Irawan
Date Deposited: 09 Dec 2021 02:23
Last Modified: 09 Dec 2021 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46718

Actions (login required)

View Item View Item