Pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa padaateri sistem pernapasan manusia

Nasution, Khairunnisa (2021) Pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa padaateri sistem pernapasan manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan metode, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis, menganalisis pengaruh, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap metode pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem pernapasan manusia. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes kemampuan berpikir kritis, dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini diantaranya keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan metode Think Pair Share terlaksana dengan baik. Rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen yaitu pretest 41,29, posstest 83,18 dan N-gain 0,71 sebesar kriteria tinggi dan kelas control pretest 40,29, posstest 60,18 dan N-gain sebesar 0,33 kriteria sedang. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan Thitung 17,819 > Ttabel 2,012.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis; Metode pembelajaran Think Pair Share; Sistem pernapasan manusia
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Khairunnisa Nasution
Date Deposited: 09 Dec 2021 06:35
Last Modified: 09 Dec 2021 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46700

Actions (login required)

View Item View Item