Collaborative Governance dalam pembangunan ekonomi desa melalui program BUMDes di Desa Tamanjaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat

Fauzyah, Latifah (2021) Collaborative Governance dalam pembangunan ekonomi desa melalui program BUMDes di Desa Tamanjaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang meruapakan usaha desa yang menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi desa serta kesejahteraan masyarakat desa. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan collaborative governance atau kerjasama dari berbagai pihak. Namun berdasarkan data dan fakta yang terjadi, kurangnya partisipasi dan keterlibatan dari berbagai pihak dalam program BUMDes sehingga belum tercapainya tujuan yang telah direncanakan. Hal demikian merupakan masalah yang melatar belakangi penelitian ini. Masalah tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan collaborative governance dalam BUMDes Tamanjaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Ansell dan Gash. Terdapat empat dimensi yang menjadi tolak ukur keberhasilan collaborative governance yaitu kondisi awal, desain konstitusional, kepemimpinan fasilitatif dan proses kolaborasi. Berdasarkan teori tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal kolaborasi, mengetahui desain istitusional yang menjadi dasar untuk berkolaborasi, mengetahui peran kepemimpinan dan mengetahui proses kolaborasi pada BUMDes Tamanjaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Ke empat tujuan diatas sangat penting untuk diteliti agar mampu mengetahui keberhasilan collaborative governance pada BUMDes Tamanjaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, objek penelitian ini adalah BUMDes Tamanjaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya proses collaborative governance di BUMDes Tamanjaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat sudah berjalan meskipun belum maksimal dan masih banyak yang harus di evaluasi karena masih terdapat banyak permasalahan yaitu ketidak seimbangan SDM, kepemimpinan fasilitatif dan proses kolaborasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Collaborative Governance; Badan Usaha Milik Desa; Pembangunan Ekonomi Desa;
Subjects: Relation of The State of Organized Groups
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Latifah Fauzyah
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:32
Last Modified: 07 Dec 2021 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46697

Actions (login required)

View Item View Item