Analisis penyerapan anggaran belanja langsung pada Dinas Pendidikan Kota Bandung Tahun Anggaran 2015

Rachman, Siska Melina (2017) Analisis penyerapan anggaran belanja langsung pada Dinas Pendidikan Kota Bandung Tahun Anggaran 2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Salah satu penunjang terlaksananya program pemerintah yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat yaitu Anggaran. Salah satu indikator keberhasilannya itu dilihat dari tingkat penyerapan anggaran, rendahnya Penyerapan anggaran belanja langsung akan mengganggu pencapaian target pembangunan. selain itu juga dapat mengindikasikan target pembangunan meleset dan menggambarkan buruknya kinerja pemerintah. Dinas Pendidikan Kota Bandung merupakan salah satu SKPD yang mempunyai presentasi penyerapan anggaran belanja langsung diatas 80% . Pada penelitian kali ini, peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung penyerapan anggaran dan penyebab rendahnya penyerapan anggaran belanja langsung oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung Tahun anggaran 2015. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa pada Dinas Pendidikan Kota bandung terdapat faktor pendukung yaitu faktor pertama, pelaksanaan dokumen pengadaan yang baik. Faktor kedua, sistem pengawasan dalam penyerapan anggaran. Faktor ketiga, sumber daya manusia (SDM) yang mendukung. Faktor keempat yaitu sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Faktor Pertama, kurangnya antara perencanaan, anggaran, dan pelaksanaan yang tidak sesuai. Faktor kedua, ketidaksesuaian antara program dan kegiatan serta anggaran. Dan Faktor yang ketiga yaitu terjadinya keterlambatan waktu. Lalu untuk meminimalisir hambatan yang ada di dinas pendidikan kota bandung yaitu dengan melakukan upaya perencanaan dan pengalokasian anggaran harus lebih matang dan melakukan sosialisasi mengenai penyerapan anggaran kepada pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penyerapan anggaran; belanja langsung
Subjects: Public Policy Issues in Education > Education Budget
General Management
General Management > Budgeting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:37
Last Modified: 06 Dec 2021 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46687

Actions (login required)

View Item View Item