Pemberdayaan masyarakat berbasis kelompok home industry: Studi deskriptif di Desa Linggawangi Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya

Veliani, Rika (2017) Pemberdayaan masyarakat berbasis kelompok home industry: Studi deskriptif di Desa Linggawangi Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Pemberdayaan berbasis Kelompok home industry merupakan wadah untuk masyarakat di Desa Linggawangi dalam meningkatkan kesejahteraan hidup melalui pendekatan model pengembangan masyarakat lokal. Pemberdayaan Kelompok ialah upaya yang di lakukan home industry dalam mengembangkan potensi anggota kelompoknya untuk mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan memberikan andil besar serta menduduki peran strategis dalam pembangunan ekonomi. Penelitian ini bertujuan utuk mendeskripsikan peran home industry dalam proses pemberdayaan ekonomi masyarakat serta mendeskripsikan karakteristik kelompok dalam pelaksanaan pemberdayaan di Desa Linggawangi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik menyalin. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teori yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti ialah teori ekonomi kerakyatan yang di kemukakan oleh Fredrik Benu bahwa ekonomi rakyat adalah satuan usaha yang mendominasi ragam perekonomian rakyat, sedangkan ekonomi kerakyatan lebih merupakan kata sifat yakni upaya memberdayakan kelompok atau satuan ekonomi yang mendominasi struktur dunia usaha. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran yang dimiliki oleh home industry dalam proses pemberdayaan masyarakat desa Linggawangi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan perkembahan terus bertambah sejalan dengan pembangunan home industry, peningkatan kontribusi dalam penyedian bahan dan jasa, berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran serta menumbuhkan jiwa wirausaha berbasis keahlian hidup dalam meningkatkan kesejahteraan. (2) Karakteristik kelompok dalam proses pemberdayaan dapat dicapai dengan beberapa unsur diantaranya: kepemimpinan kelompok, kedinamisan kelompok, intensitas komunikasi kelompok, dan tipologi kelompok. Unsur-unsur tersebut harus dipenuhi dalam karakteristik kelompok dengan tujuan untuk memudahkan suatu proses dalam pemberdayaan terutama peningkatan perekonomian kelompok. Proses pemberdayaan kelompok kabayan jika di lihat dalam keefektifannya telah mencapai keberhasilan, hal ini di lihat dalam hasil sektor makanan ringan sebagai media pemberdayaan kelompok di Desa Linggawangi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; pemberdayaan kelompok; home industry
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities
Communities > Structure Communities
Customs of People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:05
Last Modified: 06 Dec 2021 07:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46682

Actions (login required)

View Item View Item