Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Pembentukan Konsep Diri

Allisa Yunita Shafa, Allisa (2016) Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Pembentukan Konsep Diri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena siswi kelas XI AP SMK Plus Darussurur Cimahi sebagai pelajar dalam hal konsep diri baik yang berhubungan dengan melanjutkan studi atau pekerjaan yang pada umumnya cenderung kurang mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih suatu studi lanjut atau pekerjaan. Siswa hanya mempertimbangkan pilihannya karena penilaian diri yang terlalu tinggi atau rendah terhadap pekerjaan yang dipandang siswa mempunyai penghargaan dari masyarakat, seperti gaji yang tinggi atau status pekerjaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui seberapa besar pengaruh bimbingan karir terhadap pembentukan konsep diri siswi kelas XI AP SMK Plus Darussurur Cimahi dan bagaimana bimbingan karir dan konsep diri di SMK Plus Darussurur Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk menjaring data variabel (X) yaitu: bimbingan karir, dan data variabel (Y) yaitu : pembentukan konsep diri. Instrument berbentuk skala likert dengan membuat alat ukur Bimbingan Karir (15 item) dan Konsep Diri (15 item), sehingga pengolahan datanya digunakan dengan statistik uji kolerasi Analisis Regresi Sederhana. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan pendekatan koefisien korelasi dan pengujian realibitas instrumen dengan uji Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan rumus analisis regresi sederhana untuk mendapatkan persamaan garis regresi dan analisis varian. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “ada pengaruh positif antara bimbingan karir terhadap pembentukan konsep diri siswa XI AP SMK Plus Darussurur”, yang ditunjukan oleh persamaan garis regresi y = 9,828 + 0,893X. pada N = 44. Hal ini membuktikan bahwa jika intensitas pemberian bimbingan karir semakin tinggi maka akan berakibat pula pada pembentukan konsep diri siswa. Selain itu, diketahui koefisien determinasi sebesar 0,829, artinya pemberian bimbingan karir mempengaruhi sebesar 82,9% terhadap pembentukan konsep diri siswa di SMK Plus Darussurur Cimahi sedangkan sisanya ( 100% - 82,9% = 17,1%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain selain bimbingan karir. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis tersebut menunjukan hasil positif, yaitu menyatakan bahwa terdapat pengaruh bimbingan karir terhadap pembentukan konsep diri remaja di SMK Plus Darussurur Cimahi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Konsep Diri, SMK Plus
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 24 Oct 2017 08:07
Last Modified: 24 Oct 2017 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item