Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi

Sari, Vita Alam (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator, keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator. Prosedur penelitian menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X IPA 4 SMAN 6 Tambun Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, lembar observasi, tes keterampilan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian, yaitu 1) Media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator layak dengan persentase rata-rata 87% termasuk interpretasi sangat valid. 2) Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi persentase rata-rata 91% yang di interpretasikan sangat baik. 3) Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan rata-rata N-gain sebesar 34,93% termasuk interpretasi sedang. 4) Respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator sebesar 81,67% yang termasuk interpretasi sangat menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Smart Apps Creator; keterampilan berpikir kritis; usaha dan energi
Subjects: Education, Research
Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Vita Alam Sari
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:18
Last Modified: 06 Dec 2021 05:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46670

Actions (login required)

View Item View Item