Strategi pemberdayaan korban rentenir dalam meningkatkan ekonomi : Studi deskriptif pada komunitas Sagara Fun Educ di Desa Sukabungah Kecamatan Sukajadi Kota Bandung

Aisyah, Widi Munawarotul Fuadah Nurul (2021) Strategi pemberdayaan korban rentenir dalam meningkatkan ekonomi : Studi deskriptif pada komunitas Sagara Fun Educ di Desa Sukabungah Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Sistem ekonomi Islam tidak membolehkan kegiatan ekonomi yang merugikan warga, semacam perjudian, riba, serta jual beli barang ilegal. Fenomena peminjaman uang sekarang digunakan di masyarakat untuk membantu memenuhi kebutuhan seseorang sebagai salah satu alasan, Akan tetapi pada kenyataannya, peminjaman uang ini menggunakan bunga pinjaman bulanan yang besar, perhitungan hampir 3% dari total hutang yang dipinjaminya. Karena kebutuhan yang mendesak, orang tidak punya pilihan selain menghasilkan uang dengan cepat. Keterbelengguan masyarakat terhadap rentenir sangatlah tertekan, dengan susahnya masayarakat membayar tepat waktu maka semakin besarnya pula bunga yang mereka dapatkan. Cara menagih para rentenir pun tidak memiliki adab jadi masayarakat semakin tertekan dengan rentenir. Oleh karena itu, tujuan pemberdayaan kepada korban rentenir supaya terwujudnya keadilan, mendapatkan pelatihan, dan membantu memfasilitasi meringankan pembayaran kepada rentenir. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh Komunitas Sagara Fun Educ dalam meningkatkan Ekonomi. Teori yang digunakan dalam penelitian, yaitu teori strategi menurut Henry Mintzberg. Teori ini menyebutkan “5 P’s of strategy” yaitu Plan (perencanaan), ploy (taktik), pattern (pola), position (posisi), dan perspektif (perspektif). Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini bertujuan untuk mendeskriptifkan, menggambarkan dan menguraikan fenomena yang ada di lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Komunitas Sagara Fun Educ dalam meningkatkan ekonomi yaitu, efektivitas pemberdayaan terhadap korban rentenir supaya mendapatkan pendidikan, pelatihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemberdayaan; Komunitas Sagara Fun Educ; Ekonomi; Hasil Pemberdayaan.
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Widi Munawarotul Fuadah Nurul Aisyah
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:34
Last Modified: 06 Dec 2021 05:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46666

Actions (login required)

View Item View Item