Kewenangan Mahkamah Partai dalam memutuskan sengketa pemilihan legislatif berdasarkan Pasal 32 nomor 2 tahun 2011 tentang Partai Politik perspektif Siyasah Dusturiyah

Alatas, Mauludi Muhamad (2021) Kewenangan Mahkamah Partai dalam memutuskan sengketa pemilihan legislatif berdasarkan Pasal 32 nomor 2 tahun 2011 tentang Partai Politik perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Terdapat sebuah sengketa kewenangan yang terjadi antara mahkamah partai dengan lembaga yang berwenang dalam mengadili sengketa pemilihan umum. Dalam hal ini kewenangan mahkamah partai yang telah diatur dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomer 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik, telah mengambil kewenangan bawaslu dan mahkamah konstitusi yang berkaitan dengan proses dan hasil sengketa pemilihan umum. Tujuan dalam penelitian disini adalah pertama untuk dapat mengetahui latar belakang sengketa di mahkamah partai, kedua untuk mengetahui mekanisme dalam mahkamah partai, ketiga untuk mengetahui Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap latar belakang sengketa di mahkamah partai dan mekanisme dalam mahkamah partai. Dalam penelitian ini menggunakan teori kewenangan untuk mengetahui kewenangan mahkamah partai secara mendalam, serta menggunakan teori siyasah dusturiyah sehingga dapat melihat persfpektif siyasah dan dalam penelitian ini juga memakai konsep asas keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum. Meteode yang dipakai di penelitian ini yaitu metode yuridis normatif, jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yang dilaksanakan secara intens, mendalam dan terperinci dengan menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai sumber data primer diperoleh dari mahkamah partai golkar, mahkamah nasdem dan mahkamah partai demokrat. sedangkan data sekunder berupa dokumen yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan, buku, jurnal, dan tulisan ilmiah lainya yang berkaitan dengan objek penelitian. Penelitian ini menjabarkan permasalahan mengenai kewenangan mahkamah partai yang terdapat di Undang Undang Republik Indonesia Nomer 2 Tahun 2011 dalam hal memutus sengketa pemilihan legislatif, dengan begitu dapat dapat di simpulkan bahwa dalam kewenangan mahkamah partai tidak berwenangan dalam melakukan persidangan yang berkaitan dengan proses ataupun hasil pemilihan legislatif karena hal tersebut bertabrakan dengan peraturan yang sudah ada sehingga berakibat pengambilan kewenangan lembaga lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kewenangan; Mahkamah Partai
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: mauludi muhamad alatas
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:32
Last Modified: 06 Dec 2021 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46660

Actions (login required)

View Item View Item