Analisis tingkat partisipasi masyarakat dalam kebijakan pemerintah (PSBB) selama Covid-19 : Studi deskriptif Kelurahan Kedung Waringin Kota Bogor

Saputri, Aini Noviyanti (2021) Analisis tingkat partisipasi masyarakat dalam kebijakan pemerintah (PSBB) selama Covid-19 : Studi deskriptif Kelurahan Kedung Waringin Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan suatu program pembangunan begitupula dengan program kebijakan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas kebijakan PSBB sebagai upaya pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah Kelurahan Kedung Waringin dan mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam penanganan Covid-19 di wilayah kelurahan Kedung Waringin. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Partisipasi. Teori ini memusatkan perhatiannya dimana masyarakat sebagai individu maupun kelompok sosial dalam memenuhi kebutuhannya, berpartisipasi secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode kualitatif, penulis memusatkan pada deskripsi, menganalisis, dan menjelaskan peristiwa yang sebenar-benarnya terjadi di lapangan dengan menggunakan pengumpulan data hasil dari wawancara dan juga observasi langsung. Selain itu, dilengkapi juga dengan data sekunder dalam buku-buku yang berkaitan dengan masalah penelitian untuk mendukung data di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas kebijakan PSBB dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu sangat bergantung kepada tingkat partisipasi masyarakat itu sendiri. Masyarakat yang menjadi objek pemberlakuan kebijakan ini harus mengerti akan bahaya virus korona yang dapat menjangkiti mereka. Pemerintah juga harus berperan aktif untuk memberikan jaminan bagi masyarakarnya untuk dapat bertahan hidup agar tidak terjadi pelanggaran dan keterbukaan dalam penerapan kebijakannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat;Covid-19;PSBB
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Civil Rights > Citizen Participation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aini Noviyanti Saputri
Date Deposited: 06 Dec 2021 07:23
Last Modified: 06 Dec 2021 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46655

Actions (login required)

View Item View Item