Berpikir statistis, penalaran, literasi dan Self Efficiacy mahasaiswa melalui pendekatan Brainbased Learning dengan strategi metakognitif

Susilawati, Wati (2019) Berpikir statistis, penalaran, literasi dan Self Efficiacy mahasaiswa melalui pendekatan Brainbased Learning dengan strategi metakognitif. Project Report. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
BERPIKIR STATISTIS, PENALARAN, LITRASI, DAN PERSISTENCE MAHASISWA.pdf

Download (858kB) | Preview

Abstract

Tujuan monograf mengkaji secara komprehensif perbedaan peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa calon guru melalui pembelajaran Challenge-Based Learning dengan Strategi metakognitif Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group, melibatkan sampel dua kelas mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam di Sumedang. Instrumen yang digunakan tes berpikir statistis. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir statistis antara mahasiswa yang pembelajaran challenge-based learning dengan strategi metakognitif memperoleh peningkatan lebih tinggi dari mahasiswa yang pembelajarannya ekspositori, baik secara keseluruhan mahasiswa maupun berdasarkan pengetahuan awal statistis. Terdapat interaksi antara jenis (pembelajaran challenge-based learning dengan strategi konflik kognitif dan ekspositori) dan kategori pengetahuan awal statistis (pandai, cukup, lemah) terhadap peningkatan kemampuan berpikir statistis, penalaran, literasi dan self efficacy mahasiswa. Pembelajaran berbasis tantangan dengan strategi metakognitif dapat memfasilitasi proses konflik, proses penemuan, proses interaksi sosial, dan proses reflektif mahasiswa sehingga kemampuan berpikir statistis mahasiswa lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori. Kata Kunci: Berpikir Statistis, Challenge-Based Learning, metakognitif

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Berpikir statistis, penalaran, literasi; Self Efficiacy; Brainbased Learning; metakognitif
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wati Susilawati
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:12
Last Modified: 06 Dec 2021 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46636

Actions (login required)

View Item View Item