Kebijakan redaksional Vice.com dalam penentuan dan pengemasan berita

Salamah, Siti Mareta (2021) Kebijakan redaksional Vice.com dalam penentuan dan pengemasan berita. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan redaksi merupakan hal yang krusial dalam sebuah media. Kebijakan redaksional merupakan acuan sebuah media dalam memberitakan atau tidak nya sebuah berita. Penelitian mengenai kebijakan redaksional Vice.com menjadi hal yang menarik untuk diteliti, hal itu disebabkan karena Vice.com menyuguhkan perspektif yang berbeda dan pengemasak yang unik pada beritanya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hirarki pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Penelitian ini akan mengkaji tentang lima level hirarki pengaruh dalam kebijakan redaksional Vice.com dalam penentuan dan pengemasan berita. Penelitian ini menggunakan teori Hirarki Pengaruh dari Pamela J Shoemaker dan Stephen D Reese dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi serta wawancara mendalam kepada tiga informan yang merupakan jajaran redaksi Vice.com. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan temuan peneliti, kebijakaan redaksional Vice.com dalam penentuan pengemasan berita tidak lepas dari dari kelima factor hirarki pengaruh, baik dari internal dan eksternal. Faktor individu dipengaruhi oleh karakteristik, nilai, pengalaman, latar belakang dan prinsip kode etik jurnalistik yang dianut oleh reporter. Faktor rutinitas memengaruhi kebijakan redaksional yang digambarkan oleh tiga unsur yang saling berkaitan. Factor organisasi berpengaruh melalui kebijakan redaksional yang dibuat oleh pemilik media dan pemimpin redaksi Vice.com berdasarkan acuan dari kebijakan perusahaan beserta visi misi. factor ekstra media dipengaruhi oleh dewan pers, sumber berita, dan pangsa pasar. Vice.com berideologikan liberal, dapat dilihat dari isi berita Vice.com yang vocal terhadap kesetaraan gender, hak asasi manusia, dan hak kebebasan individu. Dari penelitian ini diharapkan untuk kedepannya praktisi media dalam membuat kebijakan redaksi mengjunjung kode etik jurnalistik agar idealisme pers tetap terjaga. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya membahas kebijakan redaksi dalam aspek pertimbangan lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kebijakan redaksi; hirarkie pengaruh; media online
Subjects: Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Siti Mareta Salamah
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:25
Last Modified: 06 Dec 2021 05:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46630

Actions (login required)

View Item View Item