Pengaruh tingkat intensitas penggunaan aplikasi tiktok terhadap kreativitas di tengah pandemi covid-19 : Penelitian di masyarakat di Kecamatan Balubur Limbangan Kab Garut

Puspita, Gita Nova (2021) Pengaruh tingkat intensitas penggunaan aplikasi tiktok terhadap kreativitas di tengah pandemi covid-19 : Penelitian di masyarakat di Kecamatan Balubur Limbangan Kab Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat adalah makhluk sosial yang sejatinya membutuhkan komunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Dengan adanya masa karantina pandemi covid-19 ini, komunikasi secara langsung menjadi terbatas. Teknologi yang dapat diakses dengan jaringan internet merupakan alternatif bagi masyarakat untuk berkomunikasi saat ini. Maka dari itu, tidak heran jika aplikasi yang dapat diakses secara online seperti TikTok mengalami peningkatan intensitas peminat. Semakin banyak masyarakat yang menggunakannya, semakin banyak pula kreativitas-kreativitas yang tercipta melalui unggahan video di Aplikasi TikTok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat intensitas pengguna aplikasi TikTok di tengah pandemi covid-19 pada masyarakat Balubur Limbangan Kabupaten Garut, 2) peningkatan kreativitas pengguna aplikasi TikTok di tengah pandemi covid-19 pada masyarakat Balubur Limbangan Kabupaten Garut serta 3) pengaruh tingkat intensitas pengguna aplikasi TikTok terhadap kreativitas pengguna. Teori yang digunakan adalah teori determinisme teknologi dari seorang ahli yang bernama McLuhan yang menyebutkan bahwa manusia yang menciptakan teknologi, tetapi teknologi dapat merubah kebudayaan atau kehidupan manusia itu sendiri. Seperti contohnya aplikasi TikTok yang memberi informasi tentang berbagai macam style fashion sehingga dapat merubah seseorang menjadi lebih fashionable. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan regresi linier sederhana dan koefisien korelasi Pearson. Hasil dari pengujian hipotesis nilai t hitung 7.313 > t tabel 2.10092 yang mendapatkan hasil Ho ditolak dan H1 diterima menyimpulkan variabel tingkat intensitas pengguna aplikasi TikTok berpengaruh terhadap kreativitas di tengah pandemi covid-19. Dari data yang diperoleh sebesar 79,8%, tingkat intensitas pengguna aplikasi TikTok di Balubur Limbangan cukup tinggi dan berkriteria baik. Selain itu, terjadi peningkatan kreativitas pengguna aplikasi TikTok di tengah pandemi covid- 19 dibuktikan dari tanggapan responden yang menghasilkan persentase sebesar 85,5%. Namun, dalam R Square menunjukan pengaruh X terhadap Y termasuk ke dalam kriteria lemah yang hanya memberikan persentase 35,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; TikTok; Determinisme; Kreativitas; Pandemi
Subjects: Determinism and Indeterminism
Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity
Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Gita Nova Puspita
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:02
Last Modified: 06 Dec 2021 06:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46616

Actions (login required)

View Item View Item