Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual korelasinya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas VI SD Negeri Paninggaran Kabupaten Kuningan

Khoerunnisa, Rilda (2021) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual korelasinya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas VI SD Negeri Paninggaran Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual cukup bagus. Namun, masih terdapat atau masih banyak siswa yang motivasi belajarnya kurang karena dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti guru hanya menyampaikan materi secara langsung tanpa adanya tayangan video yang membuat siswa lebih termotivasi dengan tayangan video. Dengan demikian adanya kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual dengan motivasi belajar siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Media Audio Visual; 2) Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti; 3) Korelasi antara Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Media Audio Visual dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas VI SD Negeri Paninggaran Kabupaten Kuningan. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa tanggapan siswa terhadap suatu rangsangan mempengaruhi motivasi belajar siswa tersebut, maka munculah motivasi dalam dirinya untuk belajar. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah jika tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual semakin tinggi tanggapan siswa maka semakin tinggi motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi linier, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,20. 2) realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti berada pada kategori sangat tinggi denga rata-rata 4,40. 3) realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual korelasinya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti koefisien korelasinya sangat tinggi dengan nilai korelasinya 0,687. Untuk hipotesisnya diterima, yaitu semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis yaitu t hitung lebih besar t tabel (t hitung 5,01 > t tabel 2,04). Derajat pengaruh antara varibael X dan variabel Y sebesar 47,19%. Yang artidnya terdapat 52,81 lagi yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Media Audio Visual; Motivasi Belajar; PAI dan Budi Pekerti dan Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rilda Khoerunnisa
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:59
Last Modified: 01 Dec 2021 06:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46571

Actions (login required)

View Item View Item