Efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19 di MI Asih Putera

Aulia, Pirda (2021) Efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19 di MI Asih Putera. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (3).pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Wabah Covid-19 yang saat ini melanda penjuru dunia menimbulkan dampak pada seluruh aspek, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar di sekolah terpaksa diberhentikan sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 yang membahas tentang pelaksanaan kegitan belajar dari rumah dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu daring dan luring. Media dan sumber belajar secara daring dapat menggunakan gawai maupun perangat komputer melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring. Aplikasi google classroom hadir sebagai salah satu platform yang dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan pembelajaran dalam jaringan dan sebagai alternatif pengganti kelas konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan teknis penggunaan aplikasi google classroom, efektivitas penggunaan aplikasi google classroom, serta kendala dalam penggunaan aplikasi google classroom. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, penggunaan aplikasi google classroom pada kegiatan belajar dari rumah secara online di MI Asih Putera lebih menitikberatkan pada pengumpulan tugas dan penilaian, materi disampaiakan melalui video conference berbantu aplikasi lain, adapun materi tambahan disampaikan melalui video pembelajaran yang dapat diakses pada laman google classroom. Tingkat efektivitas penggunaan aplikasi google classroom diukur melalui enam indikator, diantaranya yaitu daya jangkau, kecepatan informasi, jumlah informasi, keefektifan memperoleh pengetahuan, kesesuaian informasi, dan motivasi. Berdasarkan pengukuran enam indikator tersebut, diperoleh hasil 78,72% tingkat hasil persentase tersebut dapat dikategorikan pada sebagian besar, artinya penggunaan aplikasi google classroom pada kegiatan belajar dari rumah di MI Asih Putera dapat dikatakan cukup efektif. Adapun kendala dalam penggunaan aplikasi google classroom yang dialami oleh peserta didik, yaitu kedulitan ketika akan mengunggah tugas berupa video atau voice note, sehingga tugas dikirim melalui aplikasi lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Belajar dari rumah;Efektivitas;Google Classroom.
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pirda Aulia
Date Deposited: 05 Jan 2022 00:53
Last Modified: 05 Jan 2022 00:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46556

Actions (login required)

View Item View Item