Pengembangan media pembelajaran berbasis App Inventor untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Assani, Qorry Munifah (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis App Inventor untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar_isi_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab_1_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab_2_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab_3_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab_4__061_Qorry_Munifah_Assani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab_5_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar_pustaka_061_Qorry_Munifah_Assani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media berbasis App Inventor dan Google Classroom serta peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI MIPA dengan sampel dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masisng-masing kelas 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activity Sheet dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis menggunakan persentase lembar validasi, n-gain dan uji t-independent sample test. Hasil penelitian memperoleh 1) media pembelajaran berbasis App Inventor sangat layak dengan persentase 86,1%. 2) Keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan di kelas eksperimen 87,7% interpretasi sangat efektif dan di kelas kontrol 74,8% interpretasi efektif. 3) Peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata n-gain 0,67 kategori sedang dan di kelas kontrol nilai rata-rata n-gain 0,46 kategori sedang. Hasil uji t-independent sample test memperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 4,884>1,995. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang sama menggunakan media pembelajaran berbasis App Inventor dan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; App Inventor; Gelombang Bunyi
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Physics > Instrumentation of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Qorry Munifah Assani
Date Deposited: 30 Nov 2021 05:38
Last Modified: 30 Nov 2021 05:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46553

Actions (login required)

View Item View Item