Pengaruh penggunaan Gadget terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas XI : Penelitian di SMA Al Ma’soem Bandung

Hendrawan, Versa Nurullita (2021) Pengaruh penggunaan Gadget terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas XI : Penelitian di SMA Al Ma’soem Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kegiatan belajar dan mengajar di SMA Al-Ma’soem yang menggunakan gadget sebagai sarana yang memberikan kemudahan, seperti siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah mengunakan gadget berbentuk komputer sebagai alat untuk melaksanakan ujian-nya, guru bahasa inggris yang menggunakan gadget menjadi alat visual untuk siswa-siswanya mempelajari bahasa Inggris seperti metode listening, reading, learning, dan kegiatan-kegiatan belajar lainnya. Hal ini berdampak postif bagi guru dan siswa karena dapat memberikan kemudahan dalam menggali infomasi melalui aplikasi-aplikasi belajar online, buku pelajaran online, dll. Akan tetapi, didapat hasil bahwa ketika pembelajaran berlangsung banyak siswa yang menyalahgunakan gadget-nya untuk hal lain di luar sebagai sumber belajar seperti untuk bermain game atau untuk chatting dengan temannya serta sebagai sarana untuk menyontek jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Intensitas penggunaan gadget di SMA Al-Ma’soem Bandung, 2) Realitas aktivitas belajar siswa, dan 3) Pengaruh penggunaan gadget terhadap aktivitas belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Bertitik tolak pada sebuah pemikiran bahwa aktivitas belajar itu bukan hanya aktivitas jasmani saja, ada juga yang disebut dengan aktivitas rohani. Dalam interaksi yang dilakukan manusia terlihat adanya keterikatan antara aktivitas jasmani dan rohani. Dengan kata lain, bahwa dalam belajar sangat diperlukan adanya aktivitas, baik aktivitas jasmani ataupun rohani. Tanpa aktivitas proses belajar tidak mungkin berlangsung dengan baik. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif-kuantitatif. Teknik penelitian menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 40 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis parsial dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Intensitas penggunaan gadget dalam pembelajaran termasuk kategori baik (tinggi) dengan perolehan nilai rata-rata dari keseluruhan indikator variabel X sebesar 3,11. Nilai tersebut berada pada interval 3,00 – 4,00. 2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti termasuk pada kategori baik (tinggi) dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata dari keseluruhan indikator variabel Y sebesar 3,02. Nilai tersebut berada pada interval 3,00 – 4,00. 3) Pengaruh penggunaan gadget terhadap aktivitas belajar siswa, berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi dinyatakan bahwa perhitungan yakni bahwa variabel X mempunyai pengaruh dengan variabel Y sebesar 0,993. Begitupun dengan pengaruhnya sebesar 88% berdasarkan analisis kadar pengaruh korelasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan; Gadget; Aktivitas Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Versa Nurullita Hendrawan
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:54
Last Modified: 02 Dec 2021 09:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46537

Actions (login required)

View Item View Item