Penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire pada mata pelajaran Fiqih pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa: Penelitian pada siswa kelas X MA Ar Rasyidiyah Bandung

Solehudin, Muhamad Dikdik (2021) Penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire pada mata pelajaran Fiqih pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa: Penelitian pada siswa kelas X MA Ar Rasyidiyah Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Melihat fenomena di lapangan terdapat masih banyak siswa yang tidak seius dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga berakibat pada kecilnya nilai hasil belajar, terutama dalam mata pelajaran fiqih masih ditemukan siswa yang belum memahami konsep dasar tentang ilmu fiqih dalam Islam. Salahsatu faktornya adalah kurangnya inovasi dari guru mata pelajaran fiqih saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Diantara upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan media Lectora Inspire dalam kegiatan pembelajaran, karena diantara kegunaanya adalah akan membuat pembelajaran semakin menarik karena banyak fitur, tamplate, game, dan kuis interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas X MA Ar Rosyidiyah Bandung (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas X MA Ar Rosyidiyah Bandung dan (3) Seberapa besar pengaruh media pembelajaran Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Fiqih terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di kelas X MA Ar Rosyidiyah Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini mengumpulkan informasi, penafsiran data, dan hasil yang diperoleh. Metode dalam penelitian ini yang dipakai adalah quasi experiment memakai pola non-equivalent control group design yaitu tes sebelum perlakuan dan sesudahnya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Motivasi belajar siswa meningkat pada kelas eksperimen, yaitu pada rerata tertinggi 4,45 menjadi 4,79, rerata terendahnya dari 2,25 menjadi 3.07, dan rerata keseluruhan dari 3,79 menjadi 3,98. (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat dibanding kelas kontrol, yaitu dari rerata 69.83 % menjadi 82.07 % (3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Fiqih terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di kelas X MA Ar Rosyidiyah Bandung, hal ini bisa dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired t-tes yang menghasilkan data sig 0,00 < 0,05, maka sesuai kriteria uji, H0 ditolak dan H1 diterima, yang berate ditemukan ada pengaruhnya penggunaan media Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Fiqih terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. ENGLISH: Seeing the phenomena in the field, there are many students who are not serious to participate on learning activities, resulting in the low grade of learning achievement, especially in Fiqh subjects, there are found students who do not understand the basic concepts of Fiqh (Islamic Jurisprudence). One of the efforts that can be used to reduce this is to apply Lectora Inspire media in learning activities, that is to make learning more interesting for students because it has many features, templates, games, and interactive quizzes. The purpose of this study was to analyze: (1) learning motivation of students using Lectora Inspire learning media in Fiqh Subjects on class X MA Ar Rosyidiyah Bandung (2) learning achievement of students using Lectora Inspire learning media in Fiqh Subjects on class X MA Ar Rosyidiyah Bandung and (3) The effect of using Lectora Inspire learning media in Fiqh Subjects on motivation and student learning outcomes in class X MA Ar Rosyidiyah Bandung. The approach used in this research is a quantitative approach. This approach collecting information, interpreting data, and results obtained. The method used in this study is a quasi-experimental using a non-equivalent control group design pattern, namely pre-treatment and post-treatment tests. The results of research are: (1) learning motivation of students increased in the experimental class, namely the highest average from 4.45 to 4.79, the lowest average from 2.25 to 3.07, and the overall average from 3.79 to 3.98. (2) The learning achievement of the experimental class students increased compared to the control class, namely the average value of 69.83% to 82.07% (3) There was an effect of using Lectora Inspire learning media in Fiqh Subjects on motivation and student learning achievement in class X MA Ar Rosyidiyah Bandung, This can be seen from the results of hypothesis testing using a paired t-test which produces data sig 0.00 < 0.05, the refore, in accordance with the test criteria, H0 is rejected and H1 is accepted, which means there is an effect of using Lectora Inspire media in Fiqh Subjects to motivation and learning outcomes of students.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media; Motivasi; Hasil; Belajar
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Dikdik Sholehudin
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:14
Last Modified: 21 Jan 2022 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46536

Actions (login required)

View Item View Item