Pengaruh anti-diabetes pada Jus Microgreens selada hijau (Lactuca sativa L.) terhadap hewan model Drosophila melanogaster yang diinduksi Sukrosa

Rahmah, Desi Sity (2021) Pengaruh anti-diabetes pada Jus Microgreens selada hijau (Lactuca sativa L.) terhadap hewan model Drosophila melanogaster yang diinduksi Sukrosa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit degeneratif yang berhubungan dengan kelainan metabolisme karena terjadinya resistansi insulin yang diproduksi oleh pankreas sehingga menyebabkan hiperglikemia. Microgreens Lactuca sativa L. merupakan bahan alami yang memiliki potensi untuk menghambat penyakit diabetes melitus karena mengandung senyawa antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jus microgreens selada hijau terhadap, kelulusan hidup, kemampuan lokomotor, kadar glukosa dan trigliserida hemolymph pada Drosophila melanogaster yang diinduksi dengan sukrosa serta mengetahui kekuatan antioksidan, kandungan klorofil dan karotenoid pada jus microgreens selada hijau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan enam kali pengulangan. Berdasarkan hasil pengujian kelulusan hidup lalat buah dengan perlakuan induksi sukrosa dengan jus microgreens memiliki nilai 86,67% lebih tinggi dari perlakuan induksi sukrosa dengan nilai 77,78%. Begitupun kemampuan memanjat pada perlakuan induksi sukrosa dengan jus microgreens selada meningkatkan kemampuan memanjat sebesar 54,83% lebih tinggi dari perlakuan induksi sukrosa sebesar 45,5%. Pada kadar glukosa hemolymph menujukan nilai tertinggi pada perlakuan sukrosa sebasar 131,35 mg/dl sedangkan pada perlakuan sukrosa ditambah jus microgreens memiliki kadar glukosa hemolymph terendah sebesar 80,979 mg/dl. Begitupun dengan kadar trigliserida hemolymph tertinggi pada perlakuan induksi sukrosa sebesar 96,165 mg/dl Dari pengujian aktivitas antioksidan microgreens selada hijau mendapatkan nilai IC50 sebesar 39,948 dengan kategori sangat kuat, kandungan klorofil total sebesar 7,403 mg/g serta karotenoid sebesar 19,502 µmol/g. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu jus microgreens selada hijau berpotensi untuk meredam gejala penyakit diabetes melitus yang disebabkan oleh paparan sukrosa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Diabetes melitus; Drosophila; Lactuca sativa; Microgreens; Sukrosa
Subjects: Biology
Physiology > Animals Physiology
Physiology > Plants and Microorganisms Physiology
Specific Physiological Systems in Plants
Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Desi Sity Rahmah
Date Deposited: 09 Jan 2022 07:52
Last Modified: 09 Jan 2022 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46513

Actions (login required)

View Item View Item