Pengelolaan dana zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat: Studi kasus di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Cimahi

Larasati, Novita (2021) Pengelolaan dana zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat: Studi kasus di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Pengelolaan zakat yang baik dapat mengentaskan kemiskinan dari lingkungan masyarakat. Zakat yang dikelola secara produktif berdampak positif bagi masyarakat miskin, mereka yang mendapatkan anggaran zakat bisa mendayagunakan anggaran tersebut dengan produktif, agar kelak mereka dapat mandiri dan mengganti perannya menjadi muzakki. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasar pada teori pengelolaan zakat yang terdiri dari tiga tahapan yaitu; pengumpulan, pendistribusian atau penyaluran, dan terakhir pendagunaan atau pemanfaatan yang dilaksanakan oleh para penerima zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program dana zakat produktif, hambatan, serta hasil dan evaluasi dari program dana zakat produktif yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Cimahi sebagai upaya yang ditempuh untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study) serta dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi secara langsung ke tempat penelitian; melakukan wawancara dengan narasumber yang bersangkutan, terakhir mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan pengelolaan dana zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada BAZNAS Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan dana zakat produktif yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Cimahi mempunyai beberapa strategi yang digunakan, diantaranya adalah membuat Gerakan Cinta Zakat. Kemudian BAZNAS Kota Cimahi berkoordinasi dengan Bank BJB Syariah, Dinas Perdagangan Koperasi dan Industri, serta para pejabat daerah. Hambatan yang dihadapi oleh BAZNAS Kota Cimahi adalah anggaran yang tidak memadai karena dana yang dibutuhkan oleh mustahik terlalu besar dan tempat untuk kantor BAZNAS yang terkendala. Dari pemaparan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana zakat produktif yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kota Cimahi sudah menerapkan tugas dan fungsinya dengan baik, meskipun dalam proses pelaksanaannya Badan Amil Zakat Nasional Kota Cimahi mengalami beberapa hambatan baik dari pihak internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Zakat; Produktif;
Subjects: Plants, Botany > Organization Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Novita Larasati
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:03
Last Modified: 26 Nov 2021 06:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46506

Actions (login required)

View Item View Item